Temu Karya Karang Taruna Sidimpuan Batunadua Resmi Dibuka

KANALMEDAN-SIDIMPUAN : Temu karya Karanag Taruna Kecamatan Sidimpuan Batunadu resmi dibuka di Aula pertemuan kantor Camat Sidimpuan Batunadua, Sabtu (22/9/2018).

Camat Padangsidimpuan Batunadua, Roni Gunawan Rambe, S.STP, M.Si dalam sambutannya ketika membuka Temu karya Karang Taruna tersebut mengatakan bahwa Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang dari, oleh dan untuk masyarakat.

Hal itu sudah diatur oleh Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 23 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Karang Taruna.

Dikatakannya, hal itu sudah jelas tentang peraturannya, di samping sebagai mitra pemerintah, tugas Karang Taruna sangat berat, terutama dalam mengangkat permasalahan kesejahteraan sosial masyarakat.

“Dalam pelaksanaan temu karya ini, kami selaku pemerintah kecamatan yang notabene adalah pembina di tingkat kecamatan, berpesan kepada seluruh warga karang taruna agar selalu menjaga dan menciptakan lingkungan yang sehat,” katanya.

Dalam artian, lanjut dijelaskannya, tidak terkontaminasi dengan penyalahgunaan narkoba, dan sebagainya, karena Karang Taruna adalah pilar partisipasi masyarakat dalam mengangkat perekonomian melalui kegiatan sosial yang dirumuskan bersama oleh para pengurus.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kota Padangsidimpuan yang diwakili Wakil Ketua, Amran Soleh, mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Camat Sidimpuan Batunadua, yang telah berkenan memfasilitasi acara Temu Karya ke II pengurus Karang Taruna Kecamatan setempat.

Disebutkan Amran, Karang Taruna Kota Padangsidimpuan mengapresiasi dukungan dan kepedulian Camat terhadap Karang Taruna.

Oleh sebab itu, ia berharap supaya kegiatan yang bersifat seremoni diminimalkan, lalu usaha ekonomi kreatif kepemudaan diprioritaskan dengan melibatkan Karang Taruna di tiap desa.

“Semoga pengurus yang baru di kecamatan Sidimpuan Batunadua ini segera berkoordinasi dan bersinergi dengan pemerintah kecamatan dan kelurahan/desa, dalam merumuskan program-program kepemudaan yang pro-masyarakat agar maju dan berdaya saing kedepan,” harapnya.

Selain itu, ia meminta, siapun nantinya terpilih menjadi ketua, hendaknya dapat merangkul seluruh kader Karang Taruna yang berada di kelurahan/desa.

“Jalankan konsolidasi organisasi sesuai peraturan yang berlaku, serta selalu berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan, selamat bertemu karya, semoga menghasilkan pemimpin yang berkualitas,” harapnya.

Pada acara Temu Karya tersebut, juga dilaksanakan pemilihan Ketua Karang Taruna Kecamatan Sidimpuan Batunadua secara terbuka, karena kepengurusan karang taruna yang lama telah habis masa periodenya.

Pada pemilihan Ketua Karang Taruna Kecamatan, forum sepakat sepakat memilih Halomoan Siregar menahkodai Karang Taruna Kecamatan Sidimpuan Batunadua untuk periode 2018-2023.

Halomoan terpilih secara aklamasi berdasarkan mufakat suara dari 2 kelurahan dan 13 desa se-Kecamatan Sidimpuan Batunadua.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasi Trantibum Marzuki, Pelaksana Tugas Kepala Desa Robiul Harahap, S.Sos, Ketua Satuan Tugas (Satgas) M Soleh Lubis, Ketua Karang Taruna Kecamatan se-Kota Padangsidimpuan serta undangan lainnya. (Awal HSB)

Print Friendly