DPRD Medan Sarankan DP2K Medan Manfaatkan IT

KANALMEDAN – Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran (DP2K) Medan diharapkan mampu berinovasi untuk memanfaatkan information technology (IT) dalam mendukung program kerja dinas. Melalui IT tersebut, masyarakat dapat diberi ruang untuk menyampaikan informasi terkait peristiwa kebakaran di sekitarnya.

“Potensi kebakaran di Medan cukup tinggi, Dinas Pemadam Kebakaran harus mampu memanfaatkan IT untuk mempermudah masyarakat menyampaikan dan menerima informasi,” ungkap anggota Komisi IV DPRD Medan, Syaiful Ramadhan saat mengikuti rapat dengar pendapat dengan Dinas Pencegahan dan Pemadam Kebakaran (DP2K) dipimpin Ketua Komisi IV, Paul MA Simanjuntak, Selasa (3/11).

Katanya, DP2K harus mencontoh BMKG dalam menerapkan aplikasi tersebut. Dengan IT, masyarakat terbantu dengan informasi gempa yang update. “Seperti halnya BMKG, masyarakat bisa mendapatkan informasi terkait gempa dengan cepat. Begitu juga dengan Dinas Pemadam ini, kita mau warga dapat memanfaatkan teknologi untuk menyampaikan informasi terkait kebakaran di wilayahnya,” imbuh Syaiful.

Dengan mudahnya pelaporan, DP2K diharapkan terbantu dan cepat dalam memberikan pertolongan kepada warga. “Ini yang kita harapkan, teknologi bisa dimanfaatkan untuk menunjang kerja bagi masyarakat,” urainya.

Kepala DP2K Medan, Albon Sidauruk berterimakasih atas dukungan DPRD Medan untuk pengembangan program IT. Albon mengaku pihaknya segera me-launching e-damkar pada tahun 2020. 

“Kalau tidak ada halangan, tahun depan kita akan launching e-damkar pada ulang tahun ke 101 tahun damkar. Masyarakat bisa men-download melalui playstore. Aplikasi tersebut berisi informasi dan sosialisasi,” ucapnya. (Jen)

Print Friendly