Ketua DPRD Medan Minta Pemko Aktifkan Siskamling

Terkait Temuan Ratusan Warga Bangladesh

KANALMEDAN-Ketua Komisi A DPRD Medan, Sabar Sitepu meminta Pemko Medan melalui Walikota Medan segera mengaktifkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) pada masing-masing lingkungan. Hal ini untuk meminimalisir ‘kecolongan’ datangnya warga asing di daerah tersebut.

“(Temuan imigran Bangladesh) ini kelemahan Siskamling. Sehingga, tidak terdata dan diketahui pendatang didaerah itu. Kalau siskamlingnya ada, tentu ini cepat ketauan,” ungkap Sabar menyikapi temuan ratusan warga Bangladesh di kawasan Kampung Lalang, Jumat (7/2).

Penasehat Fraksi Partai Golkar DPRD Medan itu, meminta Pemko Medan dapat memotori dan menyegerakan pembentukan Siskamling dengan melibatkan stakeholder terkait seperti Babinsa, dan Bhabinkamtibmas.

“Apalagi ini mau momentum Pemilu. Siskamling itu perlu diperkuat agar bisa ditata dengan baik pengawasannya. Masyarakat juga sudah bolak-balik menyampaikan permintaan kepada kita, tapi belum ditindaklanjuti,” bilang Sabar.

Disisi lain, peran aktif Kepala Lingkungan untuk mengawasi lingkungan juga sangat dibutuhkan. Temuan kasus ini merupakan  ‘tamparan’ bagi kepling setempat. Sebab, mereka telah berjumlah ratusan baru diketahui masyarakat.

“Kedepan, Kepling juga harus ekstra melakukan pengawasan dan pendataan di lingkungannya. Bila ada yang ganjil, segera koordinasikan dengan stakeholder terkait. Jangan dibiarkan seperti ini,” tekan Sabar.

Untuk pengawasan terhadap orang asing, sambung Sabar, harus juga dilakukan secara kordinasi. Artinya tidak hanya satu instansi saja. “Jadi, Imigrasi antar daerah juga perlu kordinasi. Kalau ada yang ganjil, segera dilaporkan,” bebernya. (Jen)

Print Friendly