Kepala MAN 1 Medan Raih Medali Perak pada Anugrah GTK Madrasah

KANALMEDAN – Kepala Madrasah Aliyah Negeri ( MAN) 1 Medan, Reza Faisal SPd, MP.Mat raih medali perak pada ajang Anugrah GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Madrasah Tahun 2023 kategori kepala MAN terbaik. Acara tersebut diselenggarakan oleh Derektorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI.

Ketika dihubungi via telepon selulernya, Senin ( 27/11), Reza mengatakan bersyukur karena dirinya dapat meraih juara kedua dengan perolehan medali perak di ajang bergengsi tingkat nasional.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Kakanwil Kemenag Sumut dan Kabid Penmad atas bimbingan dan supportnya sehingga dapat meraih prestasi juara.

Lebih lanjut Reza mengatakan, dalam ajang lomba tersebut, dirinya adalah satu-satunya kepala madrasah dari Sumatera Utara yang berhasil lolos sampai babak final.

“Alhamdulillah, medali yang saya peroleh ini adalah juga untuk madrasah Sumatera Utara khususnya MAN 1 Medan,” ujar Reza.

Acara tersebut terselenggara berdasarkan surat edaran Direktur Jenderal Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah.

Ada beberapa hal kriteria penilaian, kata Reza, di antaranya seleksi tahap pertama meliputi verifikasi dan validasi seluruh kelengkapan dokumen administrasi peserta. Seleksi tahap kedua penilaian portofolio, KTI, dan feature.
Peserta yang memperoleh nilai tertinggi 1-3 dari setiap kategori disebut sebagai nominator dan berhak maju ke grand final.

Pada grand final, nominator dari setiap kategori melakukan presentasi di hadapan dewan juri selama 10 menit dan dilanjutkan dengan tanya jawab
minimal 10 menit. Presentasi dilakukan secara langsung/tatap muka, setiap peserta dinilai oleh 2 (dua) orang Juri.

“Nilai akhir diperoleh dengan komposisi
nilai seleksi tahap 2 sebesar 35%, nilai grand final sebesar 50%; dan nilai tambahan sebesar 15%, meliputi keterampilan bahasa Arab/Inggris/asing lainnya, dan pemahaman moderasi
beragama,” kata Reza.

Kegiatan tersebut untuk memberikan apresiasi dan motivasi kepada guru dan tenaga kependidikan yang secara terus-menerus meningkatkan kompetensi, profesionalisme, kinerja dan prestasi yang memberi dampak positif untuk meningkatkan mutu pendidikan pada jenjang RA/madrasah. (sor)

Print Friendly