USU Terima 2.346 Mahasiswa Baru Jalur SMM 2023

KANALMEDAN – Universitas Sumatera Utara (USU) menerima 2.346 mahasiswa baru TA 2023/2024 dari jalur penerimaan Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM), yang ujiannya diselenggarakan pada tanggal 15-21 Juli 2023 lalu.

Pengumuman nama para peserta SMM yang lulus telah dimuat pada laman https://announcement.usu.ac.id Kamis (27/7/2023). Selain itu, sebelumnya USU juga telah meluluskan 249 mahasiswa baru dari jalur Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM) PTN Barat dan 25 orang mahasiswa baru dari jalur SPBU (Seleksi Berbasis Prestasi Unggul) Talenta USU.

Hal tersebut dipaparkan Rektor USU Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, melalui Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU Amalia Meutia, M Psi, Psikolog, kepada media. Ditambahkan Rektor, 2.346 mahasiswa yang lulus tersebut merupakan bagian dari 6.310 peserta SMM yang mengikuti seleksi pada tahun 2023 ini.

Selain menyampaikan ucapan selamat kepada peserta yang lulus di SMM USU, rektor juga menyatakan kepuasannya terhadap penyelenggaraan UTBK SMM USU Tahun 2023 yang berlangsung dengan baik dan lancar. Mengingat pada pelaksanaan UTBK tahun 2023 ini, USU telah memperketat pengamanan di lokasi ujian, serta transparansi dalam proses penerimaan mahasiswa secara keseluruhan. Hal tersebut merupakan bagian dari upaya dan komitmen USU untuk mencari calon-calon mahasiswa unggul yang nantinya akan semakin meningkatkan kualitas lulusan yang dihasilkan.

Sementara itu, Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU, Amalia Meutia menyampaikan, bahwa pada tahun 2023 ini program studi yang menjadi pilihan favorit para peserta ujian masih relatif sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu Prodi Pendidikan Dokter yang mencatat 1.258 peminat, Prodi Ilmu Hukum dengan 1.380 peminat dan Manajemen dengan 886 peminat.

“Kami mengucapkan selamat bergabung menjadi keluarga besar Universitas Sumatera Utara kepada seluruh calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SMM ini. Semoga dilancarkan dan diberi kemudahan untuk menjalankan tahap selanjutnya hingga resmi menjadi mahasiswa USU,” kata Amalia.

Selain itu, Amalia Meutia juga mengingatkan, bagi para peserta SMM yang telah dinyatakan lulus dapat segera melakukan registrasi dan submit berkas secara online pada tanggal 31 Juli hingga 4 Agustus 2023 melalui laman http://registrasi.usu.ac.id. Setelah melakukan registrasi, para calon mahasiswa baru tersebut dapat mengikuti tahapan selanjutnya, yakni pembayaran SPP pada tanggal 7-11 Agustus 2023 yang dilakukan setelah penerbitan virtual account, pengisian kartu rencana studi (KRS), serta pemeriksaan narkoba (8-11 Agustus 2023) dan pemeriksaan kesehatan (12, 14, 15 dan 16 Agustus 2023).

Amalia mengimbau kepada seluruh peserta SMM yang telah lulus untuk membaca dan memerhatikan dengan cermat seluruh prosedur pendaftaran yang termuat pada laman http://registrasi.usu.ac.id. Dengan demikian tidak ada satupun jadwal atau persyaratan yang terlewatkan, yang akan berakibat kepada pembatalan kelulusannya. (SC08)

Print Friendly