Parlement Goes to Campus di UISU: Pemilu 2024 akan Didominasi Generasi Milenial

Roni Siregar dari Trijaya FM menyerahkan plakat kegiatan Parlement Goes to Campus kepada Dekan FISIP UISU Samsul Bahri Pane, S.Sos, MAP saat talkshow di Ruang Serbaguna UISU, Rabu (8/2).     

KANALMEDAN-Kegiatan Parlemen Goes to Campus dalam bentuk talkshow Kerjasama Tri Jaya FM, DPRD Sumut dan UISU kali pertama digelar di Ruang Serbaguna UISU Jalan SM Raja Medan dengan tema partisipasi generasi milenial dalam pengawasan pemilu serentak 2024, , Rabu (8/2).

Hadir sebagai narasumber Anggota Komisi E DPRD Provinsi Sumut dari Fraksi PKS Hendro Susanto, Dekan FISIP UISU Samsul Bahri Pane, S.Sos, MAP dan diikuti puluhan mahasiswa serta disiarkan secara live melalui Radio Trijaya FM.

Rektor UISU diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah, Dr. Liesna Andriany, MPd dalam sambutannya menjelaskan bahwa tingkat partisipasi pemilu pada tahun 2024 akan didominasi generasi milenial dan generasi Z. Sehingga, katanya, diprediksi 40 hingga 60 persen pemilih muda akan memberikan peran yang sangat signifikan dalam proses dan hasil Pemilu 2024.

Namun, Dr. Liesna mengingatkan bahwa besarnya potensi itu jangan hanya dilihat dari sisi angka saja. “Harus ada juga pendidikan politik, sehingga kita memberikan pondasi agar ke depannya demokrasi kita makin berkualitas,” ujarnya.

Sebab itu, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan parlement goes to campus ini yang diharapkan menjadi sebuah model Pendidikan politik untuk generasi muda, khususnya dalam partisipasi untuk pengawasan pemilu sesuai tema kegiatan.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FISIP UISU Samsul Bahri Pane S.Sos, M.AP sebagai narasumber dalam kegiatan talkshow mengingatkan agar generasi milenial jangan hanya menjadi penonton. “Jangan hanya melaksanakan haknya saja tanpa melakukan apapun,”tegasnya.

Lebih dari itu, kata Samsul bahwa mahasiswa sebagai bagian dari generasi muda saat ini harus terlibat dan berperan aktif untuk menciptakan model pengawasan yang partisipatif. Pengawasan partisipatif itu, lanjutnya, akan sangat penting untuk memberikan dukungan guna menciptakan pemilu yang bersih, berintegritas, dan minim kecurangan.

Sementara itu, anggota DPRD Provinsi Sumut Hendro Susanto menyampaikan komitmennya untuk fokus dalam memberikan Pendidikan untuk pemilih pemula dan generasi muda. Kegiatan itu, katanya, merupakan salah satu bentuk komitmen untuk memberikan pendidikan politik bagi generasi muda.

Hal itu dilakukan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan karakter kebangsaan, sekaligus meningkatkan partisipasi politik pada Pemilu 2024. Sehingga, lanjutnya, generasi milenial menjadi lebih peduli dan dapat memberikan warna pada dalam proses demokrasi yang berlangsung di Indonesia. Pada gilirannya, kata Hendro, kondisi itu diharapakan dapat meningkatkan kesadaran politik bagi pemilih pemula agar lebih cerdas  dalam menentukan pilihannya.

Kegiatan talkshow yang dipandu Amy Maulidya selaku host itu berlangsung lebih dari 1 jamm Kegiatan itu dihadiri dosen-dosen FISIP UISU besera mahasiswa serta Roni Siregar mewakili Trijaya FM. Pada kegiatan itu, sekaligus dilakukan penandatangan MoA antara FISIP UISU dan Trijaya FM dalam rangka kegiatan Parlement Goes to Campus. (Nas)

Print Friendly