Kanwil Kemenagsu Siapkan Program Unggulan Zakat dan Wakaf

KANAKMEDAN – Kanwil Kemenag Provinsi Sumut siapkan program unggulan bidang zakat dan wakaf pada tahun 2022. Analis kebijakan ahli muda seksi zakat dan wakaf, Muhammad Asrul Hasibuan MPd mengatakan, program ini sebagai upaya dalam peningkatan dan perbaikan tata kelola zakat dan wakaf.

“Kami memiliki program pendampingan wakaf produktif, pencanangan kampung zakat di seluruh Kabupaten/Kota, pembinaan kompetensi nazir dan amil, kampanye gerakan literasi zakat dan wakaf, serta percepatan sertifikasi tanah wakaf,” kata Asrul, Rabu (2/3).

Lebih lanjut mantan Kepala MAN Tanjungmorawa dan MAN 3 Medan ini mengatakan, pendampingan wakaf produktif dilakukan di tiga lokasi yaitu pendampingan usaha perkebunan dan tambak di Kabupaten Serdang Bedagai,
peternakan burung puyuh di Kabupaten Mandailing Natal dan warung sembako di Kota Medan.

Sebelumnya,kata Asrul, telah dicanangkan Kampung Zakat Senantiasa Laksanakan Risalah Zakat (Selaraz) di Kabupaten Humbang Hasundutan.
“Kami juga akan meningkatkan kompetensi nazir dan amil untuk menyukseskan program pendampingan wakaf produktif, program kampung zakat, dan persiapan ujian Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Zakat dan Wakaf,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Asrul mengatakan, akan terus mengedukasi masyarakat melalui kampanye gerakan literasi zakat dan wakaf di Kankemenag Kabupaten/Kota.

“Target dari edukasi untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat dalam menunaikan zakat, infak, sedekah, serta wakaf.

Terkait advokasi aset wakag, bidang penais zakat wakaf Kemenagsu akan terus menyosialisasikan pentingnya advokasi aset wakaf pada masyarakat.

Berdasarkan data Sistem Informasi Wakaf Kemenag (SIWAK), kata Asrul, di lingkungan Kemenag Sumut terdapat 11. 881 tanah wakaf. Sebanyak 6.852 tanah sudah bersertifikat sisanya 5.029 belum bersertifikat.

“Kita akan terus tingkatkan sosialisasi agar masyarakat memahami pentingnya legalitas tanah wakaf untuk keamanan hukum,” ujar Asrul. (sor)

Print Friendly