KNPI Sumut Ajak Masyarakat Taati Imbauan Pemerintah

KANALMEDAN – Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Utara El Adrian Shah melalui Sekretaris M Darwis Nasution mengatakan, kebijakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam upaya percepatan memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 merupakan langkah yang tepat.

Menurutnya, kenaikan status siaga menjadi status  tanggap darurat Covid-19 sebagaimana  tertuang dalam SK Gubernur Sumut Nomor 188.44/174/KPTS/2020 yang akan berlangsung hingga 29 Mei harus didukung.  Hal  tersebut didasarkan atas beberapa pertimbangan terutama kenaikan eskalasi orang terjangkit. Maka dari itu dibutuhkan penanganan yang yang cepat, tepat, fokus dan terpadu.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terus bergerak cepat. Gugus tugas yang dibentuk oleh Gubernur sejauh ini bergerak seirama dan sigap mengambil keputusan. Tentu kami optimis dan siap mendukung upaya tersebut,” kata El Adrian Shah kepada pers di Medan, Jumat (3/4).

El Adrian Shah juga mengungkapkan bahwa yang paling penting adalah partisipasi masyarakat. Sinergitas antar pihak adalah kunci berakhirnya wabah yang mengancam hidup warga Sumatera Utara bahkan dunia.

“Saat ini di negeri kita sudah ribuan korban yang divonis positif. Karena itu, kami mengajak dan menghimbau kepada masyarakat untuk dapat mengikuti himbauan pemerintah seperti membiasakan pola hidup bersih dan kurangi kontak langsung. Dengan kita menaati himbauan tersebut, kita juga pahlawan buat bangsa ini, penyelamat bangsa ini,” ucapnya.

Dia berharap kepada pemerintah untuk memerhatikan kebutuhan masyarakat. Ia tidak ingin dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) malah berdampak pada sebagian warga. Kebutuhan pangan warga dan juga ekonominya mesti diperhatikan terutama warga dengan penghasilan harian.

“Kami berharap kepada pemerintah untuk memprioritaskan warga yang paling berdampak jika adanya pembatasan sosial berskala besar. Sebagian warga kita harus bekerja karena berpenghasilan kecil dan harus berjuang di luaran padahal kita tau itu bisa berpotensi penularan darinya,” ungkapnya.

Karena itu, El Adrian menghimbau kepada warga yang memang harus keluar rumah untuk bekerja untuk tetap menerapkan physical distancing, menjaga jarak dengan tidak kontak langsung, dan tetap menjaga kesehatan dan sering mencuci tangan, katanya. (Sor)

Print Friendly