Catur Sumut Peringkat II Pornas Korpri 2019

Tim catur putri Sumut bermaterikan Tuti Rahayu Sinuhaji MNW, Rita Lasrohayati, Tumini dan Octaria Maladesi Siahaan diabadikan bersama team official Dr Sahdin Hasibuan MAg, WN seusai meraih medali emas di Pornas Korpri 2019.

KANALMEDAN – Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menduduki peringkat kedua perolehan medali terbanyak dalam cabang olahraga (cabor) catur Pekan Olahraga Nasional (Pornas) XV Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang berlangsung di Pangkal Pinang, Bangka Belitung (Babel), 11 -18 November 2019.  

Tim catur Sumut mendulang 1 medali emas kategori kilat beregu putri, 1 medali perak kategori standar beregu putri, dan 1 medali perunggu kategori perorangan putri.

“Dengan raihan itu, Sumut berada di peringkat II cabor catur Pornas Korpri 2019, di bawah Jawa Barat yang meraih 2 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu,”  kata Dr Sahdin Hasibuan MAg, WN, Team Official Catur Sumut pada Pornas Korpri 2019, kepada pers di Kampus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Jalan Willem Iskandar Medan, Kamis (21/11).

Tim catur putri Korpri Sumut yang bermaterikan Tuti Rahayu Sinuhaji MNW (Pemkab Karo), Rita Lasrohayati (Pemprovsu), Tumini (Pemkab Labura) dan Octaria Maladesi Siahaan (Dinas PUPR Sumut) tampil meyakinkan dalam even nasional ini.

Padahal, kata Sahdin Hasibuan, persiapan tim Sumut ke Pornas Korpri di Bangka Belitung, kurang meyakinkan. Tim catur Sumut bahkan nyaris tak ikut dalam even ini. Seyogianya pertandingan catur mulai digelar hari Senin (11/11), namun tim Sumut baru berangkat dari Medan pada Senin karena kehabisan tiket pesawat.

“Akibat keterlambatan tim tiba di Pangkal Pinang, kami memohon kepada direktur pertandingan Irwansyah Sinuraya WI agar pertandingan catur diundur hingga Selasa (12/11) dan dikabulkan. Alhamdulillah masalah ini tidak mengganggu konsentrasi tim Sumut, dan bahkan tim beregu putri Sumut langsung mempersembahkan medali emas di kategori catur kilat,” kata Wasit Nasional (WN) yang juga dosen UINSU ini.

Sedangkan tim catur putra Korpri Sumut bermaterikan Pondang Damanik MN (Pemkab Asahan), Osbar Kasanala Purba MN (Pemkab Deli Serdang), Zulfan Nasution (Pemprovsu), Harunsyah (Pemkab Labura) dan Datsah Perikuten (Pemkab Deli Serdang), hanya meraih peringkat 4 dalam kategori kilat perorangan melalui Pondang Damanik MN.    

“Prestasi di Pornas Korpri 2019 khususnya di bagian putri menjadi setawar sedingin di tengah merosotnya prestasi catur Sumut di level nasional, dan gagal pada Porwil di Bengkulu belum lama ini. Kita berharap ke depan Sumut tetap jadi barometer olahraga catur,” tutur Sahdin Hasibuan yang juga sukses mendampingin tim catur mahasiswa UINSU di berbagai even nasional. (Nas)

Print Friendly