MAPPILU Siap Awasi Pemilu di Sumut

KANALMEDAN – Masyarakat Pers Pemantau Pemilu (MAPPILU) Sumut siap dampingi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut awasi pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 agar  berjalan sesuai dengan aturan. Bawaslu Sumut mengaku tidak punya anggaran untuk lembaga dan organisasi pengawas Pemilu.

MAPPILU Sumut yang diketuai Zulkifli Harahap, Rabu (10/4), mengutus Sekretaris MAPPILU Sumut, Gusrladi Ritonga dan beberapa anggota lainnya untuk beraudiensi dengan Bawaslu, pasca sudah terakreditasinya MAPPILU di Bawaslu RI dan sudah terdaftar di Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sebagai organisasi pengawas Pemilu.

Tim MAPPILU diterima langsung oleh Komisioner Bawaslu Sumut Divisi Partisipasi Masyarakar (Parmas) dan Hubungan Masyarakat (Hubmas). Gusnaldi mengatakan, sebagai organisasi pengawas pemilu  nasional dibawah naungan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, MAPPILU Sumut berkeinginan untuk turut serta membantu kerja kerja Bawaslu dalam pengawasan penyelenggaraan Pemilu.

Gusnaldi mengatakan, pers adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kerja kerja pengawasan, baik itu pengawasan terhadap penyelenggaraan Pemilu, maupun pengawas pada petugas penyelenggara Pemilu itu sendiri. “MAPPILU berkepentingan dalam menciptakan Pemilu berjalan adil dan transparan untuk mencegah terjadinya konflik Pemilu di Sumut,” tandasnya.

Sementara itu, Marwan, menyambut baik niatan MAPPILU Sumut dalam mendukung kerja kerja Bawaslu melakukan pengawasan Pemilu di Sumut. Menurut Marwan, Bawaslu selalu terbuka dengan berbagai organisasi penawasan Pemilu yang berkepentingan mengawal Pemilu di Sumut agar berjalan secara tertib, taat aturan dan baik.

Marwan mengatakan, kedepan perlu dibuat semacam program pengawasan bekerjasama dengan lembaga pengawas Pemilu yang sudah terakreditasi di Bawaslu RI. Menurutnya, hal itu penting dilakukan demi mendorong kemajuan kerja kerja pengawasan Pemilu. “Namun kami sangat sayangkan, di Bawaslu RI untuk Pemilu 2019 ini tidak ada anggaran sedikitpun bagi kawan kawan pemantau Pemilu,” tandasnya.

Marwan mengatakan, tapi meskipun begitu, kedepan kita harus tetap jalin komunikasi agar selalu bersinergi demi tugas tugas pengawasan Pemilu. (Nas)

Print Friendly