DPRD Medan Ingatkan Pekerjaan Pengaspalan Jalan Harus Berkualitas

KANALMEDAN – Pengerjaan pengaspalan yang tengah dilakukan Pemko Medan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait harus memperhatikan aspek ketahanan dan kualitas. Apalagi kondisi cuaca di Kota Medan saat ini tidak menentu. 

“Saat ini banyak proyek pengaspalan jalan sedang berlangsung, dikhawatirkan pekerjaan itu asal jadi karena kondisi cuaca yang tidak menentu. Kualitas pengerjaan ditakutkan tidak bertahan lama,” ungkap anggota DPRD Medan, Paul MA Simanjuntak, kemarin.

Dia mengaku, warga merasa bahagia ada pengaspalan jalan. Namun hendaknya benar-benar sesuai standar pengerjaan. Para pemborong harus menjaga kualitas dan bukan hanya mengejar target.

“Selama ini banyak ditemukan pengaspalan yang belum lama dikerjakan, sudah rusak. Ini namanya mubazir dan merugikan PAD Kota Medan,” tegas dia.

Kondisi cuaca yang ektrim saat ini, haruslah menjadi perhatian para pemborong dan dinas terkait. Kalau pengaspalan terus dilakukan pada saat hujan, hasilnya tidak akan maksimal. Apalagi pengaspalan dilakukan saat kondisi jalan banyak digenangi air hujan. 

“Untuk itu, Dinas PU juga harus memperketat pengawasan terhadap proyek-proyek pengerjaan pengaspalan jalan. Kalau para pemborong tidak melakukan pengaspalan dengan benar, harus diingatkan dan kalau membandel harus diblacklist,” ucapnya. 

Menurutnya, sanksi tersebut perlu dilakukan agar kualitas pekerjaan pengaspalan dapat maksimal. Sebab, pengaspalan jalan dilakukan untuk kenyamanan masyarakat pengguna jalan dan memakai uang rakyat melalui pajak yang dibayarkan kepada Pemko Medan. (Jen)

Print Friendly