Sumut Berpotensi Jadi Sentra Tanaman Umbi Porang

KANALMEDAN – Anggota DPRD Sumut Rudy Hermanto mengungkapkan, Provinsi Sumut memiliki potensi menjadi sentra pengembangan Tanaman Umbi Porang.

Rudy Hermanto

“Kondisi topografi dan tanah yang ada pada sejumlah daerah di Sumut, memungkingkan untuk lokasi tumbuh kembang tanaman umbi-umbian yang banyak digunakan sebagai bahan baku obat, kosmetik dan makanan”, katanya di gedung dewan, Senin (14/10/2019).

Pengusaha yang menjadi anggota DPRD Sumut priode 2019-2024 ini menyebutkan, Sumut termasuk daerah yang belum familiar dengan tanaman Umbi Porang.

Beda dengan Provinsi lain, yang sudah membudidayakannya secara masif di tingkat petani. Misalnya di Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim) tanaman ini sudah sangat populer dan dikembangkan.

Malah kata politisi PDI Perjuangan ini, seorang pemulung dari Madiun, Jawa Timur, mendapat sorotan media karena sukses mengembangkan Umbi Porang.

Karenanya, dia mendesak Dinas Pertanian Sumut agar memberi perhatian terhadap budidaya Umbi Porang tersebut.

Inilah tanaman Umbi Porang itu.

“Kalau perlu kita studi banding atau mendatangkan langsung Paidi dari Madiun. Kita belajar bagaimana agar petani di Sumut sukses mengembangkan Umbi Porang,” ujar Rudi.

Umbi Porang kini menjadi buruan perusahaan obat dan kosmetik di Jepang dan Cina. Sedangkan topokrafi Sumut memungkinkan untuk pengembangan tanaman ini.

Rudi menyebutkan hasil panen umbi porang cukup menjanjikan, yakni Rp990 juta per hektar di tingkat petani.(Jen)

Print Friendly