Bangun Mandiri, Wakili Langkat di Lomba BUMDes Tingkat Provinsi

KANALMEDAN – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bangun Mandiri, Desa Bekiung Kecamatan Kuala, akan mewakili Kabupaten Langkat di Lomba BUMDes Tingkat Provinsi Sumatera Utara 2019.

Tim penilai lomba BUMDes dari Provinsi telah turun ke kantor Bumdes Bangun Mandiri, Senin ( 17/07/2019).

Diketuai Ir H Aspan Sofian Batubara MM yang juga Kadis PMD Provinsi Sumut dengan anggota Prof. R. Hamdani Harahap dan Chandra Silalahi, juga melakukan dialog dan peninjauan unit usaha dihadiri Kadis PMD Langkat Musti Sitepu dan Kabid PUEP Sumarlin Sinulingga serta Kasi Kristin Tarigan.

Dalam dialog itu Aspan Sofian Batubara mempertanyakan apa potensi utama desa Bekiung. Karena pengelolaan Dana Desa seharusnya disesuaikan dengan potensi desa dan kondisi sumber daya manusianya.

Dia juga mengharapkan agar selain untuk tujuan bisnis, Bumdes juga seharusnya bernilai sosial. Memberikan kobstribusi bagi PADes dan masyarakat sekitar berupa munculnnya usaha- usaha ekonomi di desa.

INDIKATOR

Salah seorang anggota Tim Penilai Provinsi, Chandra Silalahi dalam kesempatan sama mengatakan, dalam penilaian lomba BUMDes, ada beberapa indikator yang dijadikan patokan. Masing-masing indikator mempengaruhi perolehan nilai skor.

Indikator penilaian itu di antaranya soal dokumen pendirian BUMDes, jumlah unit usaha, struktur organisasi, penyertaan modal, kontribusi, mitra BUMDes dan lainnya.

Sementara Direktur BUMDes Bangun Mandiri, Supono mengungkapkan, BUMDes Bangun Mandiri memiliki unit usaha simpan pinjam, agen BRI Link dan penggemukan sapi.

BUMDes Bangun Mandiri berdiri berdasarkan Perdes Bekiun No.05 Tahun 2015 dan Keputusan Kades Bekiun Nomor 141.348/SH/3015.

Dalam kifrahnya, BUMDes Bangun Mandiri telah memperoleh berbagai penghargaan dari berbagai pihak, atas berbagai prestasi yang diraihnya.

Hingga berita ini dipuplis, tim penilai dan pengurus BUMDes Bangun Mandiri masih dilapangan.(Jen)

Print Friendly