Perpustakaan UMA Raih Akreditasi A

KANALMEDAN – Perpustakaan Universitas Medan Area (UMA) meraih akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan (LAP) Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI dengan nomor  00080/LAP.PT/IV.2019 tertanggal 02 April  2019. Selain itu, Pustakawan UMA Irsyad Hanif Hutagalung SSos terpilih sebagai Pustakawan Teladan Tingkat Sumatera Utara (Sumut) 2019.

Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MEng MSc kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (30/4) mengatakan, raihan akreditasi A ini menjadi sebuah prestasi yang patut disyukuri. “Perpustakaan Nasional menilai seluruh perpustakaan di seluruh Indonesia dengan standarisasi khusus yang selektif. Kami bangga dengan capaian ini karena tentu tidak mudah memperolehnya,” ujarnya.

Didampingi Kepala Perpustkaan UMA Ir Ina Triesna Budiani MT, Kabag Humas UMA Ir Asmah Indrawati MP, dan Pustakawan Teladan Sumut 2019 Irsyad Hanif Hutagalung, Prof Dadan mengatakan, efek raihan akreditasi A luar biasa bagi peningkatan akreditasi institusi UMA yang saat ini menargetkan akreditasi A.

“Ini akan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan  sehingga kelak bisa meraih penghargaan secara internasional,” ungkapnya.

Pada prinsipnya, kata rektor,  akreditasi perpustakaan sangat penting sebagai tolok ukur kemajuan  sebuah perguruan tinggi. Bahkan, dapat mendongkarak peningkatan akreditasi institusi UMA.

“Kami  menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim (YPHAS) yang mendukung semua propgram yang ada di UMA termasuk perpustakaan,” katanya seraya mengajak seluruh warga UMA untuk senantiasa datang ke perpustakaan yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Dia pun bangga pengorganisasian bahan perpustakaan UMA sudah berbasis teknologi informasi yang membantu dalam integrasi seluruh layanan.  “Kami juga mempunyai e-Journal yang cukup memadai,” sebut rektor.

Dalam kesempatan itu, Kepala Perpustakaan UMA Ina Triesna Budiani mengatakan, Perpustakaan UMA telah melewati proses penilaian dari tim asesor LAP Perpusnas RI pada 21 Marel lalu. Komponen penilaian meliputi beberapa hal seperti layanan, kerjasama, koleksi, SDM  perpustakaan, anggaran, gedung/ruang dan sarana prasarana, manajemen perpustakaan hingga perawatan koleksi perpustakaan serta prestasi dan reputasi pustakawan.

Pustakawan UMA Irsyad Hanif Hutagalung (kanan) terpilih sebagai Pustakawan Berprestasi tingkat Sumut 2019 dan menjadi duta Sumut ke tingkat Nasional.

Perpustakaan UMA, kata Ina,  mempunyai keunggulan dalam bidang SDM. Tercatat seorang pustakawannya, Irsyad Hanif Hutagalung, dinobatkan sebagai Pustakawan Teladan tingkat Sumut 2019 yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumut pada 23 April lalu.

Sebelumnya, Irsyad juga terpilih sebagai Pustakawan Berprestasi tingkat Sumut 2019 yang diselenggarakan Perpusnas RI di Hotel Grand Antares Medan pada 29 Maret lalu. Irsyad pun menjadi utusan Sumut ke Pustakawan Berprestasi tingkat Nasional 2019.   (Nas)

Print Friendly