PT GPN Rekrut Calon Karyawan di Faperta UMA

Rektor UMA Prof Dr Dadan Ramdan MEng MSc (keempat kiri), Dekan Faperta UMA Dr Ir Syahbuddin Hasibuan MSi (keenam kiri), WD Bidang Kemahasiswaan Ir Gustami Harahap MP dan Kabag Humas UMA Ir Asmah Indrawati MP diabadikan bersama tim seleksi dari PT GPN dan peserta seleksi karyawan PT GPN.

KANALMEDAN – Fakultas Pertanian Universitas Medan Area (Faperta UMA) dan PT Genting Plantation Nusantara (GPN) bekerjasama dalam rekrutmen karyawan atau staf yang akan dipekerjakan pada perusahaan perkebunan kelapa sawit itu.

Ada sekira 150 lulusan Faperta UMA dan sejumlah perguruan tinggi di Sumut yang mengikuti seleksi calon karyawan-karyawati PT GPN. Seleksi yang dibuka secara resmi Rektor UMA Prof Dr Dadan Ramdan MEng MSc itu digelar di Convention Hall Kampus I UMA, Jalan Kolam  Medan Estate, Selasa (30/4).

Hadir dalam acara itu, Dekan Faperta UMA Dr Ir Syahbuddin Hasibuan MSi, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Ir Gustami Harahap MP, Kabag Humas UMA yang juga dosen Faperta Ir Asmah Indrawati MP, dan para dosen di lingkungan Faperta UMA.

Dari PT GPN hadir langsung tim seleksi, yakni Pieter Tan, Tumpal Simamora, Manatas Sihombing, dan Lenny Sinaga dari Human Resources Departement (Bagian Sumber Daya Manusia).  

Rektor UMA Prof Dadan Ramdan dalam sambutan singkatnya mengatakan, peluang yang diberikan PT PGN, sebuah perusahaan perkebunan yang berpusat di Kuala Lumpur Malaysia dan punya kebun di Kalimantan, merupakan kesempatan yang sangat jarang terjadi.

“Karenanya saya berharap para pesereta seleksi memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Saya mendoakan agar semuanya diterima bekerja di PT GPN,” kata rektor.

Dekan Faperta UMA Syahbuddin Hasibuan kepada wartawan di sela-sela pelaksanaan seleksi mengatakan, kerja sama rekrutmen karyawan dengan PT GPN ini merupakan link and match institusi pendidikan dengan perusahaan. Di sini Faperta UMA mendekatkan lapangan kerja dengan output lulusan Faperta UMA dan perguruan tinggi lainnya di Sumut.

“Dengan kerja sama ini, kami berharap lulusan Faperta UMA secepatnya mendapatkan lapangan kerja. Sehingga waktu tunggu mahasiswa yang baru menyelesaikan pendidikannya makin singkat. Artinya, kita tidak hanya mendidik mereka jadi sarjana pertanian, tapi juga membantu mereka mendapatkan lapangan kerja,” kata Syahbuddin.

Syahbuddin menyatakan bangga, Faperta UMA dijadikan pusat seleksi calon karyawan PT GPN untuk wilayah Sumut. Menurutnya hal itu tidak terlepas dari kiprah salah seorang alumni angkatan 1986 Faperta UMA, Suparman, yang kini menjadi salah seorang General Manager (GM) di PT GPN.

“Saat ini ada sekira 20 alumni Faperta UMA bekerja di PT GPN. Itu rtinya ada trush atau kepercayaan yang muncul dari perusahaan yang berpusat di Malaysia itu,” kata dekan. (Nas)

Print Friendly