Sumut Masih Berpotensi Hujan Lebat

KANALMEDAN – Sumatera Utara (Sumut) masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Kabid Data dan Informasi BBMKG Wilayah I, Syahnan mengatakan, potensi tersebut diperkirakan terjadi di wilayah pegunungan, lereng, Pantai Barat, sebagian Pantai Timur dan Kepulauan Nias.

“Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah pegunungan, lereng, Pantai Barat, sebagian Pantai Timur dan Kepulauan Nias pada siang/sore hari,” harap Syahnan, Rabu (10/4).

Sedangkan suhu panas di wilayah Sumut mencapai 34° C. Cuaca menjadi gerah dirasakan masyarakat diperkirakan massa udara cenderung tertarik ke Samudera Hindia Barat Daya Sumatera karena ada pusat tekanan rendah di situ.

“Sehingga pertumbuhan awan di wilayah Pantai Timur Sumut khususnya Medan dan sekitarnya sangat minim. Mungkin juga ada pengaruh dari gerak semu matahari yang posisinya berada di sekitar khatulistiwa bagian utara sehingga lebih panas meskipun tidak terlalu signifikan,” jelasnya.

Sebelumnya, peringatan dini cuaca Sumut tanggal 10 April 2019, pukul 14.05 WIB, berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 14.35 WIB di Madina, Tapsel, Padang Sidempuan, dan sekitarnya.

Potensi tersebut dapat meluas ke wilayah Tapteng, Palas, Paluta, Taput, Humbahas, Pakpak Bharat, Samosir dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 17.35 WIB. (Nas)

Print Friendly