Politisi Senior Serta Ginting Ajak Masyarakat Lawan Politik Uang di Pemilu 2019

Drs HN Serta Ginting

KANALMEDAN – Politisi Senior Drs H.N.Serta Ginting mengajak kalangan masyarakat Sumut agar bersama-sama melawan politik uang di Pemilu 2019.

Dia menilai, sama halnya dengan isu SARA, politik uang juga diperkirakan masih akan mewarnai kontestasi pemilihan umum 2019.

“Demi kedaulatan rakyat dan tersalurnya hak politik secara bermartabat, politik uang harus dilawan”, katanya dalam perbincangannya dengan wartawan di Medan Club Medan Jalan RA Kartini Medan, Rabu (13/3/2019) sore ini.

Mantan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumut ini mengakui, sangat sulit menghapus praktik politik uang ketika cara berpikir politisi masih transaksional.

“Kita akui politik uang sejak dulu sudah terjadi, namun pada masa kini permainan politik uang sangat luar biasa parahnya,”katanya.

Sebab, lanjut mantan Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar ini, idealnya mekanisme pemilihan oleh publik untuk memilih pejabat publik dengan melihat aspek visi dan misi program, untuk menjawab persoalan-persoalan publik.
Namun sayang saat ini banyak pihak terjun ke politik, sama sekali mengabaikan hal itu dan hanya terkesan mengedepankan materi semata.

“Akibat politik uang ini maka relasi keterpilihan bukan lagi didasari aras ideal. Tetapi, bergeser ke arah nilai transaksional dalam pemilu,” katanya.
Untuk itu, Serta Ginting mengajak masyarakat untuk sadar bahwa politik uang bukanlah sebuah berkah dalam perhelatan Pemilu.

“Jangan sampai hanya gara-gara uang Rp 50.000 atau Rp 100.000, masyarakat tidak memperoleh pemimpin yang baik.Politik uang bukan berkah dalam Pemilu, tetapi aib dalam pemilu,” kata dia.

Oleh karena itu, dia pun kembali mengingatkan masyarakat untuk mawas terhadap kandidat-kandidat yang berprinsip “menanam cepat, memanen cepat”.
Idealnya, kata dia, apabila kelembagaannya partai politik berjalan dengan baik maka seharusnya muncul figur-figur yang betul-betul diinginkan oleh publik. Identitas Parpol pun menjadi kuat di masyarakat.

Serta Ginting pada 28 Maret 2019 akan meluncurkan buku biografinya, bersamaan peringatan ke 72 HUT. Buku biografi itu berjudul ” Centeng Kebun ke Senayan” itu, akan dilaksanakan di Medan Club dihadiri rekan,kerabat dan kolega. (Jen)

Print Friendly