DPRD Sumut Memuji Kinerja PDAM Tirtanadi Bangun IPA Sunggal dan Martubung

KANALMEDAN – Dirut PDAM Tirtanadi, Sutedi Raharjo berterima kasih kepada Komisi C DPRD Sumut yang telah mengapresiasi pihakn

PDAM

ya dalam penggunaan dana penyertaan modal untuk pembangunan IPA Sunggal dan Martubung.

Demikian dikata

kan dia saat menemani rombongan Komisi C DPRD Sumut berkunjung ke pembangunan IPA Martubung, Selasa

(21/3).

Kunjungan itu dipimpin langsung Ketua Komisi C DPRD Ebenezer, Wakil Ketua Komisi C DPRD Sumut Indra Alamsyah beserta A

nggota Yulizar Parlagutan Lubis, Robby Anangga, Sony Firdaus, dan Dameria Pangaribuan.

Dijelaskan Sutedi, penyertaan modal sebesar Rp200 Miliar itu digunakan untuk pembangunan IPA Sunggal dan Martubung. Dan khusus di Martubung, Tirtanadi membangun ‘intake’ dari Sungai Deli ke IPA Martubung yang kemudian untuk diolah menjadi air bersih.

Untuk diketahui, sebelum dibangun dan dioperasionalkannya IPA Martubung, Medan Utara merupakan daerah yang krisis air bersih. M

asyarakat di kawasan ini sulit mendapatkan air bersih. Namun dengan adanya IPA Martubung ini diharapkan bisa mengurangi dampak krisis air dikawasan ini.

Sutedi juga menjelaskan saat ini pihaknya diberikan penyertaan modal sebesar Rp73 miliar dari Pemprovsu untuk penambahan debit air yakini berupa uprating clearator di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Deli Tua dari 350 liter/detik jadi 650 liter/detik, IPA Sunggal 500 liter/detik, Tirta Lyonis (TLM) dari 500 liter/detik jadi 900 liter/detik dan pembangunan IPA di Pancurbatu 40 liter/detik. Menurutnya, uprating berupa peningkatan teknologi yang cepat sehingga

kapasitas bisa dinaikkan.

HASIL PEMBANGUNAN

Ketua Komisi C DPRD Sumut Ebenezer menjelaskan, peninjauan ke IPA Sunggal dan Martubung bertujuan melihat secara langsung hasil p

Pembangunan di kedua lokasi, yang sudah berjalan dengan baik. Bahkan, rombongan Komisi C DPRD Sumut juga mencoba langsung meminum air bersih yang sudah diolah PDAM Tirtanadi.

Kata Politisi Partai Hanura ini, penyertaan modal yang diberikan pada PDAM Tirtanadi senilai Rp 200 Miliar untuk pembangunan IPA Sunggal dan Martubung sudah kita lihat fisiknya, dan kita juga sudah meninjau langsung proses pengolahan air yang diambil dari sumber air baku.

“Dengan progres yangsudah terlihat ini, Komisi C DPRD Sumut berharap PDAM Tirtanadi dapat lebih meningkatkan pelayanannya dan menjaga kualitas air yang disalurkan kepada masyarakat. Untuk kedepan kita harapkan,Tirtanadi dapat dan mampu menjaga kualitas air yang akan disalurkan kepada pelanggan yakni masyarakat, sehingga nantinya perusahaan daerah ini bisa mendapatkan kepercayaan dalam mensuplai air bersih,” ujar Anggota Fraksi Hanura ini.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi C DPRD Sumut, Indra Alamsyah menuturkan, kunjungan anggota dewan ke IPA Sunggal dan Martubung untuk melihat langsung proses pengolahan air bersih PDAM Tirtanadi untuk kebutuhan air di Sumut.

“Kita apresiasi Tirtanadi karena mampu memanfaatkan penyertaan modal, dengan membangun IPA Sunggal yang menghasilkan 700 liter per detik dan IPA Martubung menghasilkan 200 liter per detik. Selain itu, kita juga berharap Tirtanadi bisa menjaga fasilitas IPA supaya masyarakat khususnya Medan Utara merasa puas dengan pelayanan yang diberikan,” ucap Indra Alamsyah.

Sedangkan Anggota Komisi C DPRD Sumut Yulizar Parlagutan Lubis mengemukakan, peninjauan ini memfokuskan pada penggunaan penyertaan modal yang pernah diberikan Pemprov Sumut kepada Tirtanadi yang sempat terjadi kontroversi tiga tahun lalu.

Namun, progresnya sekarang, kami melihat secara jujur, progresnya sudah tercapai yakni telah berfungsinya IPA Sunggal dan Martubung, meskipun masih ada pengerjaan pemeliharaan,” kata Politisi PPP ini.

Bang Puli panggilan akrab Yulizar Parlagutan Lubis meminta PDAM Tirtanadi bisa meningkatkan lagi kuantitas air produksi airnya untuk kebutuhan masyarakat Medan Utara.

“Pasalnya, debit air yang dihasilkan sebanyak 200 liter per detik di IPA Martubung, saat ini dirasa belum bisa memenuhi kebutuhan air di Medan Utara,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo mengucapkan terima kasih kepada Komisi C DPRD Sumut yang telah mengapresiasi Tirtanadi dalam penggunaan dana penyertaan modal untuk pembangunan IPA Sunggal dan Martubung.

“Penyertaan modal senilai Rp 200 miliar, digunakan untuk pembangunan IPA Sunggal dan Martubung. Dan khusus di Martubung, PDAM Tirtanadi membangun intake dari Sungai Deli ke IPA Martubung, yang kemudian untuk diolah menjadi air bersih,” ujar Sutedi Raharjo.

Untuk diketahui, sebelum dibangun dan dioperasionalkannya IPA Martubung, Medan Utara merupakan daerah krisis air. Masyarakat dikawasan ini sulit mendapatkan air bersih. Namun dengan adanya IPA Martubung ini diharapkan bisa mengurangidampak krisis air di kawasan ini.

Saat ini, pihaknya diberikan penyertaan modal sebesar Rp 73 miliar dari Pemprov Sumut untuk penambahan debit air yakni berupa uprating clearator di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Deli Tua dari 350 liter/detik jadi 650 liter/detik, IPA Sunggal 500 liter/detik, Tirta Lyonis (TLM) dari 500 liter/detik jadi 900 liter/detik dan pembangunan IPA di Pancurbatu 40 liter/detik.

Untuk proses ini dibutuhkan investasiyang dananya bersumber dari penyertaan modal Pemprov Sumut sebesar Rp 73 miliar. Sisanya diambil dari dana PDAM Tirtanadi senilai Rp26,8 miliar.

Saat ini saja, pengajuan sambung baru di Kota Medan mencapai 20 ribu per tahunnya dan ini merupakan tugas berat yang harus diselesaikan. Semoga dengan dibangunnya 3 IPA itu, nantinya bisa memenuhi kebutuhan air di Kota Medan,” ungkap Sutedi Raharjo. (partonobudy)

Print Friendly