Walikota Medan Apresiasi Peresmian Cath Lab Radiologi Intervensi

37

KANALMEDAN- Rumah Sakit Umum Vina Estetica meluncurkan fasilitas kesehatan baru yang diberi nama Cath Lab Radiologi Intervensi, Jumat (23/2/2017) di RSU Vina Estetica Jalan Sultan Iskandar Muda No 119 Medan.

Walikota Medan, Drs. Dzulmi Eldin S, M.Si yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan drg. Hj. Usma Polita Nasution, M.Kes, mengapresiasi serta memberikan dukungan penuh untuk keberadaan fasilitas Cath Lab Radiologi Intervensi oleh RSU Vina Estetica di Kota Medan.

Ia berharap peluncuran ini akan semakin meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kota Medan, mengingat ketersediaan fasilitas Cath Lab Radiologi Intervensi itu sendiri saat ini masih sangat langka di Indonesia.

“Keberadaan fasilitas kesehatan ini di Kota Medan harus semakin menambah optimisme dan semangat kepada para penderita penyakit kanker untuk sembuh dalam proses pengobatannya,” ujarnya didampingi Camat Medan Petisah, Syahrul Rambe.

Untuk itu Walikota menghimbau kepada masyarakat Kota Medan  dan yang ada di sekitar wilayah regional Kota Medan yang mengidap penyakit kanker agar memanfaatkan fasilitas yang dimiliki rumah sakit ini, terlebih penanganan penyakit kanker di RSU Vina Estetica ini juga melayani pasien kanker Peserta BPJS Kesehatan.

“Sekarang tidak perlu jauh-jauh lagi harus berobat ke Singapura, Malaysia, Jepang, Eropa bahkan Amerika untuk urusan kanker karena semuanya sudah semakin mumpuni di Kota Medan,” ajaknya.

Sementara itu oleh penyelenggara, dr. Dahnial Syahputra, sp. Rad, diungkapkan bahwa Cath Lab Radiologi Intervensi ini merupakan sub spesialisasi radiologi yang memanfaatkan prosedur minimal invasif untuk mendiagnosa dan mengobati penyakit pada hampir semua organ tubuh dengan menggunakan panduan gambar yang dihasilkan dari alat radiologi seperti USG, CT Scan, MRI dan Fluoroskopi.

Penyediaan peralatan kesehatan ini diperuntukkan guna meningkatkan mutu pelayanan di RS Vina Estetica, khususnya di bidang radiologi dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan bagi penderita penyakit kanker.

Ketua Yayasan RS Vina Estetica, Cory Sebayang sendiri awalnya melihat tantangan besar medis di Indonesia untuk menyediakan fasilitas kesehatan seperti ini. “Panggilan hati untuk menolong sesamalah yang mendorong kebutuhan layanan radiologi intervensi kepada pengidap penyakit kanker bisa hadir di Medan,” ujarnya.

Kehadiran Cath Lab Radiologi Intervensi yang pertama di Kota Medan ini untuk semakin menjawab tantangan kebutuhan layanan radiologi, khususnya kepada penderita penyakit kanker, dengan demikian memberi opsi lebih kepada masyarakat untuk menentukan langkah penyembuhan penyakit kanker pada dirinya.

Peluncuran ini ditandai dengan penggutingan pita serta peninjauan ruang Cath Lab Radiologi Intervensi yang turut dihadiri oleh Guru Besar Radiologi Intervensi Prof. dr. Triyono, sp. Rad, Sekretaris Persatuan Dokter Spesialis Radiologi Indonesia (PDSRI) DR. dr. Jacob Pandelaki, sp. Rad, serta Presiden Perkumpulan Sub Spesialis Radiologi Intervensional Indonesia (PSRII) DR. dr. Prijo Sidipratomo, sp. Rad. (Jen)

Print Friendly