Komisioner KPU Terpilih Diminta Jaga Kemandirian dan Independensi

Arief Budiman

Arief Budiman

KANALMEDAN –  Uji kepatutan dan kelayakan calon anggota komisioner KPU telah selesai dilakukan. Menjelang pengumuman, komisioner KPU Arief Budiman berpesan untuk tetap menjaga kemandirian dan independensi bagi siapa pun yang terpilih.

“Nanti malam rencananya diputuskan untuk komisioner. Nah, siapa pun yang terpilih dan jadi komisioner KPU, saya ingin pesan itu (kemandirian) yang harus dijaga,” ujar Arief di KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (4/4/2017).

Dikutif dati Detikcom, dia juga menjelaskan kemandirian yang dimaksud adalah tidak terpengaruh oleh siapa pun saat mengambil kebijakan. Menurutnya, KPU merupakan lembaga yang berdiri sendiri.

“Kemandirian yang kami maksud itu adalah mengambil keputusan dan sikap sendiri tanpa diikat oleh siapa pun dan apa pun,” kata Arief.

Arief menjelaskan KPU merupakan institusi yang mandiri. Undang-undang sudah mengatur KPU sebagai lembaga di bawah legislatif.

“KPU harus mandiri, bukan hanya individunya, tapi institusinya harus mandiri. Undang-undang sebetulnya sudah atur itu bahwa KPU sudah ada di bawah legislatif. KPU bukan di bawah eksekutif juga yudikatif, dia lembaga yang berdiri sendiri,” tutur Arief.(dtkc)

Print Friendly

About The Author

Related posts