Mahasiswa Asal Korea Performance di UMSU

KjANALMEDAN – Sebanyak 12 mahasiswa asal Gwangju, Korea Selatan program Students Exchange Korea dan Indonesia melakukan kunjungan ke UMSU. Kedatangan mereka disambut hangat dalam rangkaian acara bertajuk ‘Indonesia & Korea Gen Z Cultural Excange’ yang digelar pada Senin (26/2) di Auditorium UMSU Jalan Muchtar Basri No.3 Medan.

Acara Indonesia & Korea Gen Z Cultural Excange dibalut dengan ragam penampilan kreativitas dan budaya. Penampilan dance dan vokal grup oleh mahasiswa asal Korea Selatan serta penampilan tarian tradisional dari mahasiswa pertukaran asal Sumatera Utara. Kehadiran para mahasiswa Korea ini menambah semarak rangkaian milad ke-67 UMSU.

Sebelumnya, 12 mahasiswa asal Sumatera Utara yakni 4 mahasiswa UMSU, 4 mahasiswa UINSU dan 4 mahasiswa USU telah berangkat ke Gwangju Korea Selatan, melaksanakan program ini pada akhir tahun 2023.

Kehadiran rombongan dari Korea Selatan didampingi oleh tim kerja sama luar negeri Pemerintahan Kota Medan disambut langsung oleh Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP dan WR III Dr. Rudianto, M.Si.

WR III Dr. Rudianto menyapa seluruh mahasiswa dengan bahasa Korea ‘annyeong haseyo’ dan disambut meriah oleh para peserta.

“Saya bangga hari ini bisa bertemu dengan mahasiswa pertukaran dari Korea. Semoga bisa saling berkolaborasi dan menambah jejaring antara mahasiswa Korea dan Indonesia,” ujar Dr. Rudianto.

Mewakili Rektor UMSU, WR III memaparkan sekilas bahwa UMSU merupakan kampus terakreditasi Unggul di Sumatera Utara dan terekognisi secara Internasional. Kampus yang sangat mengapresiasi kreativitas mahasiswa dan telah memiliki beragam aktvitas Internasional salah satunya pertukaran dan beasiswa mahasiswa asing.

Lalu, Miss Kim Minsu selaku Direktur Gwangju Internasional Center dalam sambutannya memperkenalkan bahwa Gwangju Internasional Center merupakan organisasi non profit yang mempromosikan kebudayaan Korea.

“Kami dari Gwangju Internasional Center mengucapkan terima kasih kepada UMSU dan pemerintah kota Medan telah berhasil melaksanakan program pertukaran ini dengan sukses,” ujar Miss Kim.

Dia percaya bahwa program ini dapat memberikan manfaat bagi Gwangju dan kota Medan untuk membangun koneksi dan kolaborasi, melalui peran-peran mahasiswa kedua Negara.

“Saya sangat tertarik dengan kota Medan dan ingin datang lagi ke Medan, orang-orangnya menenyangkan dan saya suka kopinya,” kata Miss Kim Minsum menutup sambutannya.

Lalu, Drs. Lilik M.AP Kepala Bagian Kerja Sama Pemko Medan mengapresiasi sambutan dan kegiatan budaya yang diselenggarakan UMSU. Dia berharap UMSU terus menjadi kampus unggul dan mencerdaskan bangsa di masa-masa mendatang.

“Kami sangat tersanjung dan tidak nyangka kegiatan ini berlangsung sedemikan rupa. Semoga UMSU ke depannya dapat berpartisipasi di program-program dan kegiatan lain bukan hanya pertukaran ke Korea saja,” harap Drs. Lilik.

Mahasiswa asal Korea juga turut siaran di radio UMSU FM menceritakan pengalamannya selama di kota Medan dan dating ke UMSU. Mereka mengaku sangat antusias dan gembira disambut luar biasa oleh mahasiswa dan para pimpinan UMSU.

Turut hadir, Pimpinan Fakultas se-UMSU, Kepala Biro Se-UMSU, mahasiswa PMM dan mahasiswa Internasional di UMSU. (Nas)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.