UISU dan Dompet Dhuafa Teken MoU

KANALMEDAN – Rektor Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dan Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada, Sulaiman SHI  melakukan penandatanganan memorandum of Understanding (MoU) di ruang kerja Rektor UISU Jalan SM Raja Medan, Kamis (30/1).

Hadir saat penandatanganan MoU, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Tata  Kelola, Zuprizar, SE, Ak, CA, MBA, MAFIS, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan  Sistem Informasi, Andang Suhendi, SS, MA, dan Ketua LEPPAI, Drs. Ahmad Adib  Nasution, MM.

Ruang lingkup kerjasama meliputi pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran  yang ada di lingkungan UISU, serta penelitian dan kegiatan pengabdian kepada  masyarakat yang ada di lingkungan UISU dengan Dompet Dhuafa Waspada.

Penandatangan kerja sama juga dilakukan antara Dompet Dhuafa yang beralamat  Jalan Kapten Muslim Komplek Kapten Muslim Business Point Blok E No 17 sebagai  pihak pertama dengan LEPPAI UISU sebagai pihak kedua. Kedua pihak sepakat kerja  sama dalam penyaluran dan pengelolaan dana zakat, infak, sedekah, wakaf dan  dana sosial lainnya dari para pegawai dan dosen UISU yang akan disalurkan  melalui Dompet Dhuafa.

Berdasarkan naskah kerja sama yang ditandatangani, lingkup kerja sama mencakup  kegiatan dari kerjasama pengumpulan dan pengelolaan dana zakat, infak, sedekah,  wakaf dan dana sosial lainnya dari pegawai dan karyawan dari institusi pihak  kedua kepada pihak pertama yang merupakan bentuk kerja sama kemudahan dalam  menunaikan kewajiban zakat, infak, sedekah dan dana sosial lainnya.

Seluruh donasi akan dikumpukkan melalui keuangan atau yang ditunjuk kemudian  oleh pihak kedua yang kemudian akan disalurkan dan dikelola kepada pihak  pertama sesuai waktu yang telah disepakati. Seluruh donasi ZIS yang dihimpun  dari pihak kedua akan disalurkan sebagai beasiswa  untuk mahasiswa miskin yang  kuliah di institusi pihak kedua. Dan  institusi pihak pertama bersedia  dijadikan sebagai tempat magang dan KKN mahasiswa pihak kedua. Jangka kerjasama  tersebut berlaku sejak tanggal 30 Januari 2020 sampai dengan 29 Januari 2023.

Pada kesempatan itu, Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP mengucapkan  terimakasih atas gagasan kerja sama antara UISU dengan Dompet Dhuafa.

Rektor mengharapkan kerja sama tersebut dapat ditingkatkan sehingga memberi  manfaat untuk kemajuan UISU dan Dompet Dhuafa pada masa mendatang.

Rektor UISU juga mengaku tertarik tentang rencana Dompet Dhuafa pengadaan Rumah  Sakit di Medan yang dapat dikerjasamakan dengan UISU.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada, Sulaiman pada kesempatan itu menyakinkan  bahwa Dompet Dhuafa selama ini telah menyalurkan dananya ke mahasiswa yang  membutuhkan beasiswa, pelatihan guru-guru sehingga dapat mengajar dengan baik,  dan juga cukup membantu bagi UMKM.(Nas)

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP (kanan) dan Pimpinan Cabang Dompet  Dhuafa  Sulaiman SHI memperlihatkah naskah MoU yang sudah ditandatangani, Kamis  (30/1).

Print Friendly