TVRI – UISU Siap Kolaborasi Program MBKM


KANALMEDAN – Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Sumatera Utara dan UISU menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dalam berbagai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaksanakan UISU.

Hal itu disampaikan pimpinan kedua institusi saat memberikan sambutan pada acara Kuliah Umum sekaligus penandatanganan kerjasama antara UISU dengan TVRI Sumatera Utara, di Aula Yayasan UISU jalan SM Raja Medan, Selasa (27/2).

Kepala Stasiun LPP TVRI Sumatera Utara, Tachrizal SE saat memberikan sambutan mengatakan, TVRI Sumatera Utara sebagai Lembaga Penyiaran Publik siap memberikan dukungan dalam srangka implementasi program MBKM. “Kita juga siap untuk menerima kritik dan saran untuk kemajuan dan pengembangan institusi, karena TVRI adalah milik kita semua. Khususnya dari anak2 muda, mileneial dan adik-adik mahasiswa,”ujar Tachrizal dihadapan ratusan mahasiswa Fisip UISU.

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Rektor UISU Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi Andang Suhendi, SS. MA  yang mewakili Rektor UISU Prof. Dr. Safrida SE, M.Si, Dekan FISIP UISU Ridwan Nasution, SS. M.Kom.I, Wakil Dekan FISIP UISU Bidang Akademik dan Dakwah  Islamiyah Junedi Singarimbun, S.Sos, M.Si, seluruh dosen dan mahasiswa FISIP UISU. Sementara dari TVRI hadir juga Kasubag Tata Usaha Suardi Camong serta Ketua Tim di lingkungan TVRI Sumut.

Tachrizal dalam sambutannya menjelaskan bahwa banyak program yang dapat disinergikan dengan UISU khususnya FIsip UISU. Mulai dari kegiatan magang, praktik kerja lapangan, pengisian program hingga praktik broadcasting. Untuk itu, pihaknya mengajak UISU untuk bersama-sama TVRI mengembangkan kedua institusi melalui wadah kerjasama yang ada.

Bersamaan dengan itu, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi mengapresiasi keinginan bersama antara TVRI dan UISU. “Tentu kerjasama ini nantinya tidak hanya terbatas untuk FISIP, tapi juga fakultas dan unit-unit lain yang ada di lingkungan UISU,” ujarnya.

UISU, katanya,  siap untuk berkolaborasi dengen TVRI dan dunia usaha atau industri lainnya dalam rangka impelementasi MBKM sesuai dengan tema kegiatan kali ini.

Sebelum kegiatan kuliah umum dilakukan penandatanganan MoU antara UISU dan TVRI Sumut dilanjutkan MoA antara FISIP UISU dan TVRI Sumut. Dengan penandatanganan tersebut akan menjadi dasar untuk kolaborasi program-program yang akan dilakukan antara UISU dan TVRI Sumut kedepannya. Selanjutnya, kegiatan kuliah umum dipandu Zakaria Siregar, S.Sos, M.SP sebagai moderator.

Dekan FISIP UISU Ridwan Nasution, S.Sos, M.Kom.I sebagai pemateri dalam paparannya mengatakan bahwa program MBKM yang sudah dicanangkan pemerintah sangat tepat untuk menjawab tantangan guna menyiapkan lulusan yang siap kerja dengan bekal pengalaman dalam bentuk praktik kerja lapangan maupun magang bersertifikat. Sebab itu, pihaknya sangat berterimakasih dengan kesediaan TVRI untuk bekerjasama sekaligus mendukung kegiatan kuliah umum yang dilaksanakan saat ini.

Sementara itu, dari TVRI Sumatera Utara, Suardi Camong S.PT., M.I.Kom yang menjadi narasumber memaparkan data tingginya kebutuhan tenaga kerja untuk lulusan disiplin ilmu komunikasi.

“Jangan merasa minder memilih komunikasi. Kedepannya yang menguasai komunikasi adalah orang yang akan menguasai dunia.. baik teknologi maupun pembuat kontennya komunikasi sangat dibutuhkan diberbagai bidang pekerjaan. Pemerintahan daerah butuh humas, butuh pembuat konten, jadi tidak hanya di komunikasi saja tapi semua butuh komunikasi karena komunikasi adalah jurusan yang paling menjanjikan,” ucapnya. (Nas)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.