UINSU Terbaik 5 Humas Kemenag Award 2023 

KANALMEDAN – Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan menerima penghargaan terbaik kelima nasional dalam ajang Humas Kemenag Award 2023 untuk kategori pengelolamedia sosial.

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam malam penganugerahan di Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Kegiatan yang dikemas dalam Temu Pimred dan Humas Kemenag Award 2023 ini dihadiri pimpinan dan pejabat Kementerian Agama (Kemenag) dan jajaran serta utusan humas dari berbagai satuan kerja di bawah naungan Kemenag di antaranya PTKIN jajaran, kantor wilayah dan lainnya. Lalu pimpinan redaksi dari berbagai media massa.

Menag yang akrab disapa Gus Men dalam sambutan menyampaikan, setelah mendapat mandat dari presiden sebagai menteri, banyak program ia jalan untuk kemajuan kementerian. Di antaranya sejalan tugas diberikan presiden ialah melanjutkan agenda reformasi birokrasi, memperbaiki tata kelola Kementerian Agama.

Sebagai kekementerian dengan satuan kerja (satker) terbesar, ada 4.602 satker dan 5.963 KUA. Dibutuhkan langkah cepat untuk akselerasi perbaikan yang terukur.

Presiden juga memberi pesan tentang pentingnya merajut persaudaraan dan kerukunan di tengah keragaman.

Berkaitan itu, kementerian ini juga perlu direformulasi agar lebih kekinian, sesuai tuntutan zaman. Sesuai kebutuhan generasi milenial dan generasi Z yang semakin dominan.

Maka ada beberapa program prioritas yang dicanangkan dan dikemas dalam kerangka transformasi digital. Hal itu diawali dengan penyiapan super apps Pusaka Kementerian Agama yang menjadi holding dari seluruh aplikasi di Kementerian Agama sehingga layanan bisa diakses dalam satu genggaman.

Selain untuk meningkatkan mutu dan kualitas layanan sesuai kebutuhan zaman, transformasi digital menjadi pilihan pendekatan dalam rangka akselerasi perluasan akses di tengah cakupan layanan Kemenag yang demikian luas, menjangkau wilayah terdepan, terdalam, terluar, bahkan para TKI/TKW di luar negeri. Setelah tiga tahun, program ini mulai dirasakan manfaatnya. Hal ini menegaskan, digitalisasi layananemang hal yang tidak bisa dibendung lagi.

Kemenag, lanjutnya, mengembangkan berbagai bentuk layanan berbasis digital yang diyakini memudahkan masyarakat dalam berbagai kepentingan yang melibatkan Kemenag. Berbagai program yaitu akses layanan KUA yang jadi semakin mudah dengan revitalisasi 1.106 KUA sepanjang 2021-2023 dengan layanan daring/online.

Lalu para guru yang belum S1 tapi tidak memungkinkan meninggalkan anak didiknya atau pekerja (termasuk TKI) yang ingin S1 tapi tidak memungkinkan meninggalkan pekerjaannya, dibukakan akses melalui program Islamic Cyber University. Sejak 2021-2023, tercatat ada 3.339 mahasiswa dari berbagai daerah yang terfasilitasi Sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Menteri berterima kasih kepada insan media, atas dukungan dan kontribusinya dalam ikut menguatkan literasi layanan keagamaan masyarakat. Sehingga, program-program Kemenag juga dikirimkan dengan baik dan bisa dipahami masyarakat dan ujung terpentingnya adalah dirasakan manfaatnya.

Diketahui, beberapa kategori lain juga diberikan dalam Humas Kemenag Award 2023 ini. Dan UINSU Medan menerima anugerah sebagai terbaik kelima pada kategori pengelola media sosial terbaik di acara penghargaan ini.

Penghargaan itu diterima langsung oleh Sub Kooridnator Humas dan Informasi Yunni Salma, SAg, MM yang memimpin humas kampus Islam ini selama beberapa tahun ini dan banyak karya dihasilkannya bersama tim.

Yunni menyampaikan, pencapaian ini berkat kerja sama, kerja keras dan kerja ikhlas tim humas UINSU bersama elemen terlibat dan dengan dukungan pimpinan. Diharapkan kinerja kehumasan ini terus ditingkatkan.

Rektor UINSU Prof Dr Nurhayati, MAg menanggapi prestasi ini menyampaikan apresiasi dan selamat kepada insan humas yang telah banyak berjuang untuk kemajuan kampus dari sisi kehumasan dan media sehingga menuai penghargaan kategori terbaik pengelolaan media sosial.

Dia mengharapkan kinerja dan layanan kehumasan kampus bisa ditingkatkan. Selain sebagai perwajahan kampus, humas dan media yang bertransformasi digital ini sejalan visi misi rektor yakni mewujudkan UINSU sebagai Smart Islamic University di masa depan. (Nas)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.