Syaiful Syafri: Ungkapan ‘Sumut Hebat’ Pj Gubernur Hassanudin Merupakan Motivasi ke Warga Sumut

KANALMEDAN – Mantan Birokrat Sumut Drs Syaiful Syafri MM menegaskan bahwa ungkapan “Sumut Hebat yang sering disampaikan Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Hassanudin dalam berbagai pertemuan, bahkan terpasang di bilboard, bukanlah visi atau misi dari seorang pejabat gubernur, melainkan merupakan kata-kata motivasi dan pujian bagi masyarakat Sumut.

“Sumut Hebat yang selalu disampaikan Pj. Gubernur Hassanudin merupakan pujian yang ditujukan kepada masyarakat Sumut, karena Sumut memiliki Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang hebat sebagai anugerah Allah SWT sekaligus lebih memotivasi para pimpinan OPD dan ASN untuk bekerja lebih baik sebagai pelayan masyarakat dalam rangka membangun kesejahteraan masyarakat di Sumut,” kata Syaiful Syafri menjawab tanggapan wartawan usai menghadiri pesta perkawinan putra sahabatnya, Jansen Sitohang, SE di Wisma Taman Asri Jalan Kpt. Muslim Medan, Jumat (11/11/2023).

Sisi lain ‘Sumut Hebat’, lanjut Pj Bupati Batu Bara 2008 ini, dapat diartikan adanya kepercayaan Pemerintah Pusat kepada Sumut sebagai tuan rumah PON 2024, dan juga sebagai lokasi penyelenggaraan Balap Internasional Perahu Motor di Danau Toba, serta adanya atlet Sumut yang menjadi perwakilan Indonesia pada Asian Games di Hangzhiu, China. Juga suksesnya acara Pajang Ulos 1000 meter di Jakarta sebagai kekayaan budaya Sumut.

“Jika dikaitkan dengan tahun politik Pemilu 2024, masyarakat Sumut tetap solid untuk menjaga semangat persatuan dan kesatuan bangsa, semangat menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dan semangat menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat di Sumut,” kata mantan Kadis Pendidikan Sumut ini.

Syaiful Syafri juga menilai, bahwa Pj Gubsu Hassanudin merupakan sosok ilmuan yang mendalami ilmu kepemimpinan. Itu dilihat dari latar belakang pendidikannya sebagai penyandang gelar Magister Manajemen dan Doktor di bidang kepemimpinan dan inovasi kebijakan dari salah satu universitas terkemuka yakni Universitas Gajah Mada (UGM). Makanya dalam bertugas Hassanudin selalu mengacu pada Permendagri 35/2013 dan UU NO 32 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Karenanya sejumlah kritikan yang terbit di media massa.yang memyebut Pj Gubsu Hassanudin tidak berhak membuat visi dan misi, tidak berdasar. Karena Pj Gubsu Hassanudin sebagai seorang ilmuan di bidang kepemimpinan dan inovasi kebijakan selalu menjalankan roda pemerintahan di Sumut berdasar kepada visi dan misi yang tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Sumut Tahun 2019 – 2023 tertanggal 31 Mai 2019,” ungkap Syaiful.

Apalagi, tegas Syaiful Syafri, Pj.Gubernur Hassanudin punya staf yang mumpuni dalam menangani perencanaan yakni Dr Hasmirizal Lubis selaku Kepala Bapedalitbang, dan Kadis Kominfo Dr Ilyas Sitorus M.Pd yang mendalami perkembangan teknologi dan komunikasi, disamping pimpinan OPD lainnya yang terdidik ilmu kepemimpinannya. Dengan demikian Pj Gubsu Hassanudin dapat mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Sumut sesuai program dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah. (Nas)

Print Friendly