Bidang Pakis Kanwil Kemenagsu Gelar PPKB

KANALMEDAN – Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara melalui Seksi Pendidikan Agama Islam tingkat Menengah menggelar kegiatan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Guru Pendidikan Agama Islam Tahun 2023 di Hotel Grand Jamee Medan, Selasa ( 29/8).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara diwakili Kepala Bidang PAKIS Dr. H. Muksin Batubara, M.Pd mengatakan, kegiatan PPKB sebagai penyegaran bagi para guru PAI menuju guru yang berkompeten, profesional, unggul, dan berkualitas.

“Hari ini kita melakukan pertemuan penting sebagai bentuk penyegaran kepada guru-guru agar terus berkontribusi meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam khususnya di Sumatera Utara,” kata Muksin.

Ia juga mengatakan bahwa para guru PAI harus bangga dan berdedikasi tinggi karena telah diberi amanah untuk mencerdaskan anak bangsa dunia akhirat.

“Bapak Ibu harus bangga karena telah diberikan amanah tugas menjadi guru PAI. Maka dari itu, teruslah memberi sinar pencerahan berupa pengetahuan pada siswa,” ujar Muksin.

Dalam kesempatan tersebut, Muksin juga minta pada guru agar fokus pada 7 tugas utamanya, yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi.

Ia juga meminta para guru untuk meningkatkan keahliannya secara komprehensif agar bisa mengukur dan menilai kemampuan siswa.

Sementara itu, ketua panitia juga sebagai Katim (Ketua Tim) PAI tingkat menengah, H Muhammad Asrul MPd mengatakan, kegiatan bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi guru secara berkelanjutan, sistematis danterukur. Meningkatkan mutu pendidikan agama islam, menyamakan pemahaman tentang konsep dan tata kelola pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru PAI dari pusat sampai daerah dan membuat pemetaan kompetensi guru pai secara nasional berdasarkan data real dilapangan serta membangun budaya belajar bagi guru PAI.

Peserta PPKB (Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan), berjumlah 22 orang terdiri dari guru PAI tingkat SD,SMP , SMK dan SMA Kab/ Kota .
22 orang secara luring dan 258 orang secara daring. Sedangkan narasumber yaitu, Kabid Pakis Dr H Muksin Batubara MPd, Dr Suhendri MA dan Elly Pasaribu MPd. (Sor)

Print Friendly