Kakanwil Kemenag Sumut Lantik Pengurus BKM Kabupaten/Kota

KANALMEDAN – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM melantik Kepengurusan Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Kabupaten/Kota se Sumatera Utara Periode 2023-2027 di Asrama Haji Medan, Senin (14/8) secara hybrid.

Pelantikan disaksikan Kepala Bidang Urusan Agama Islam yang juga Plt. Kepala Bagian Tata Usaha Drs. H. Muslim, MM dan para Kepala Bidang di Kanwil Kementerian Agama Sumut.

Kakanwil menyambut baik dibentuknya kepengurusan tersebut dalam rangka meningkatkan fungsi dan peran masjid sebagai wadah pembinaan umat.

Kakanwil juga mengatakan terbentuknya BKM sebagai penguatan tata kelola dan pemberdayaan masjid, tidak hanya menjadikan masjid sebagai tempat beribadah, namun sebagai tempat dakwah untuk mencerdaskan musyawarah membangun persatuan, dan memperkokoh ikatan kebangsaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Jadikan masjid sebagai rumah bersama yang menjadi tempat bernaung banyak orang yang memiliki itikad dan komitmen untuk pemberdayaan dan pemajuan masjid. Ajak dan libatkan banyak orang. Semakin banyak potensi dijalin, semakin besar peluang pemberdayaan dapat dilakukan,” ucap Kakanwil.

Ia juga mengatakan setidaknya ada 3 aspek yang mendukung pemeliharaan dan pengelolaan masjid diantaranya Idarah (manajemen), Imarah (pengelolaan program), dan Ri’ayah (pengelolaan fisik/arsitektur masjid.

“Kemudian ada 4 prinsip dasar yang diperlukan dan dipedomani, yakni membina dan memelihara masjid sesuai tuntunan dan ajaran Islam. Kemudian memelihara dan mempertahankan kehormatan masjid sebagai lambing kesatuan umat, membina dan memelihara silaturahmi sesama jemaah dan Masyarakat di sekitarnya, serta mengoptimalkan fungsi masjid sebagai pusat dakwah dan syiar Islam yang menimbulkan simpati, kedamaian dan ketentraman bagi lingkungan sekitarnya,” tambah Kakanwil.

Kakanwil berharap pengurus BKM Kab/Kota mempunyai karakter ideal dan harus memiliki potensi sumber daya manusia yang terampil dan profesional.

“Pengurus harus punya memiliki integritas, kredibilitas, profesional, bertaqwa kepada Allah SWT, amanah, jujur, adil, berprilaku Islami, teladan, berwibawa, bekerja sama, dan juga demokratis,” ujar Kakanwil. (sor)

Print Friendly