Pemberangkatan dan Pemulangan Haji Sumut Tahun 1444 H/2023 M Baik dan Lancar

KANALMEDAN – Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kemenag Sumut) telah merampungkan proses pemulangan jamaah haji tahun 1444 H/ 2023 M.

Dari penyelenggaraan pemberangkatan dan pemulangan haji tersebut, masih terdapat kekurangan yang harus dievaluasi di antaranya makanan ramah lanjut usia (lansia). Pasalnya, jamaah yang kembali dari tanah suci sempat mengeluhkan makanan tak ramah lansia yang belum sesuai sebagaimana motto Kementerian Agama, ‘haji ramah lansia’.

“Pemerintah sudah membuat makanan secara nasional dan juga dibuat standar daerahnya. Makanan itu tetap kita sesuaikan dengan daerahnya tapi tidak bisa full. Menteri agama juga sudah menjelaskan, kalau lansia jangan dikasih daging, nasinya dilembutkan. Namanya ketering, sekali sekali bisa kecolongan dan hal itu lumrah terjadi,” jelas Kepala Kanwil Kemenag Sumut, H Ahmad Qosbi SAg MM, pada wartawan, di Asrama Haji Medan, Minggu (13/8).

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil juga mengatakan total jamaah haji Sumut yang diberangkatkan tahun 1444 H/ 2023 M berjumlah 8.165 orang, sedangkan jamaah haji wafat sebanyak 41 orang.

Hingga saat ini lanjutnya, masih tersisa 3 orang jamaah haji Sumut yang belum dapat kembali ketanah air karena faktor kesehatan.

“Jemaah Haji yang sakit tersebut masih dikawal oleh petugas haji kita di rumah sakit Arab Saudi.Kalau sudah sehat akan segera kita pulangkan ke tanah air,” katanya.

Terkait asuransi jamaah haji yang wafat, masih dalam proses. Kita telah mengusulkan ke pusat nama-nama jamaah wafat penerima asuransi, kata Qosbi seraya menambahkan bahwa
Pihaknya hanya sebatas menyelesaikan administrasi.

Menurut Kakanwil penyelenggaraan haji tahun ini berjalan baik lancar dan juga mendapat apresiasi dari jamaah haji.
Pada kesempatan tersebut,Kakanwil Kemenagsu juga memberikan penghargaan sebagai wujud apresiasi dan terimakasih kepada pihak-pihak yang terlibat aktif dalam proses pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji dengan pelayanan terbaik, diantaranya UPT Asrama Haji Medan.
Qosbi juga menyebutkan Batas Nomor Porsi Aman Sementara Calhaj Sumut tahun 2024 adalah 146129.

“Nomor porsi bagi masyarakat Sumatera Utara yang akan menunaikan ibadah haji di tahun 1445 H/ 2024 H, berada diurutan 0200137802 hingga 0200146129”, katanya. (sor)

Print Friendly