Wagubsu: Museum di Tengah Masyarakat Sangat Penting

KANALMEDAN-Keberadaan museum di tengah masyarakat sangat penting. Museum memiliki tugas untuk melestarikan sekaligus mengembangkan serta menjaga sejarah dan budaya baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud melalui pesan-pesan yang dirangkai lewat display dan ruang pameran.

Demikian sambutan Wakil Gubernur Sumatera Utara H Musa Rajekshah, S Sos MHum pada acara Festival Museum Sumatera Utara di Museum Sumut, Kamis (2/3).

Musem di Indonesia, kata Wagub, merupakan sarana komunikasi dan jembatan penghubung bagi masyarakat untuk memberikan kesadaran arti pentingnya menjaga sejarah dan budaya yang ada di indonesia untuk diajarkan pada generasi penerus bangsa.

Lebih lanjut Wagub mengatakan, Museum harus berperan di dalam dunia pendidikan dan juga harus dapat menarik pengunjung lebih luas baik masyarakat lokal, komunitas, pelajar maupun mancanegara.

Sejarah sangat penting dijaga dan dilestarikan untuk menjamin generasi mendatang tetap mengenal asal usul bangsanya, kata Wagub.

Sementara itu KUPT Rachmat
Hadi Saputra Harahap SE didampingi KTU Dra Purnama Br Gintung mengatakan, Frstival Museum Sumut tahun 2023 merupakan sebuah kegiatan yang memiliki beberapa agenda.
Acara puncak adalah pameran bersama di ikuti 13 museum di Sumatera Utara.

Rangkaian kegiatan, kata Rachmat yaitu, lomba melukis tingkat SMA/SMK, lomba baca puisi tingkat SMP, lomba aksara batak, lomba permainan tradisional dan lomba treasure museum tingkat SMP dan SMA.

Festival Museum Sumut bertujuan untuk dijadikan ajang bagi museum-museum di Sumatera Utara untuk mendekatkan diri pada masyarakat serta mengkomunikasikan koleksi-koleksinya secara luas. (sor)

Print Friendly