Nuansa Adat Sunda akan Warnai Wisuda 1.152 Lulusan UMA

Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MEng MSc (tengah) didampingi Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni dan Informasi UMA Sri Irawati SSos MAP (kanan) dan Kabag Humas UMA Suwarni SSos saat memberikan keterangan, Senin (12/12/2022).

KANALMEDAN – Universitas Medan Area (UMA) akan mewisuda 1.152 lulusannya, Sabtu (17/12/2022) di Gelanggang Serbaguna Kampus I Jalan Kolam Medan Estate. Wisuda kali ini berbeda dari wisuda sebelumnya. Pasalnya, wisuda diwarnai nuansa adat Sunda baik di ruang prosesi maupun di luar ruang prosesi wisuda.

Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MEng MSc mengatakan, pemilihan nuansa adat Sunda, Jawa Barat,  pada wisuda ini bukan karena dirinya berasal dari Sunda, melainkan karena dalam setiap wisuda UMA memang selalu menampilkan nuansa daerah sebagai kearifan lokal.

“Wisuda periode lalu bernuansa adat Mandailing Natal. Begitu juga wisuda-wisuda lainnya selalu bernuansa adat daerah Sumut. Wisuda kali ini kita memilih nuansa adat di luar Provinsi Sumut, yakni adat Sunda agar masyarakat yang menghadiri wisuda bisa mengenal kekayaan budaya bangsa Indonesia,” kata Prof Dadan kepada wartawan di ruang rapat rektor, Senin (12/12/2022). Hadir mendampingi rektor, Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni dan Informasi UMA Sri Irawati SSos MAP dan Kabag Humas UMA Suwarni SSos.

Rektor menjelaskan, wisuda Sabtu mendatang tetap menerapkan protokol kesehatan. Karenannya, panitia hanya memperkanan satu orang tua wisudawan masuk ke ruang prosesi wisuda. Sedangkan keluarga wisudawan lainnya disediakan ruangan khusus yang dilengkapi layar monitor .

Dikatakan, wisuda sarjana dan pascasarjana ini akan dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumut, pejabat militer dan kepolisian, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut Doddy Zulverdi dan pejabat lainnya.

Adapun tema wisuda periode II ini,  jelas rektor, sesuai dengan visi misi UMA di periode kedua kepemimpinannya (2022-2026).  Yakni “Universitas Medan Area Melaksanakan Pendidikan Berbasis Digital dan Lingkungan Berkelanjutan dalam Menghasilkan Lulusan yang Berdaya Saing di Tingkat Nasional dan Internasional”.

“Saya telah mencanangkan pada 2033 seluruh sarana pelayanan dan proses pengajaran dan pembelajaran sudah berbasis digital. Ini juga sesuai dengan perkembangan dan kemajuan teknologi. Misalnya ke depan tak perlu lagi bawa uang karena sudah e-money,” kata Dadan.

UMA juga tengah melengkapi semua sarana menuju kampus berbasis digital itu. Misalnya, beban dosen tidak lagi berbasis manual, tapi wajib berbasis digital

“UMA harus menerapkan 99 persen plelayanan berbasis digital dengan memperhatikan lingkungan,” kata mantan Dekan Fakultas Teknik UMA ini.
Rektor juga menegaskan, 1.152 lulusan yang akan diwisuda dinyatakan legal karena ijazah yang mereka terima sudah mendapat PIN atau Penomoran Ijazah Nasional dan sudah diteken rektor.

“Ijazah lebih cepat kita terbitkan, yakni tanggal 3 Desember 2022. Ini  supaya lulusan bisa menggunakannya baik untuk melanjutkan studi maupun melamar kerja,” tutur rektor.

Dalam kesempatan itu, Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni dan Informasi (BAKAI) UMA Sri Irawati SSos MAP menguraikan,1.152 lulusan yang akan diwisuda terdiri dari 163 orang dari Fakultas Teknik, 77 Fakultas Pertanian, 297 Fakuktas Ekonomi dan Bisnis, 108 Fakultas Hukum, 169 Fisipol, 180 Fakultas Psikologi, 22 Saintek, dan 136 lulusan Program Pascasarjana.

“Dari 1.152 lulusan, terdapat 20 orang wisudawan terbaik,” kata Sri Irawati yang juga Ketua Panitia Wisuda. Pada wisuda periode II ini, kata Sri Irawati, panitia juga mengundang alumni berprestasi, yakni Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda SH SIK MSi. Kapolrestabes Medan ini diharapkan dapat memotivasi juniornya agar sukses di dunia kerja dan masyarakat.

Panitia juga tetap mengundang orangtua salah satu lulusan yang meninggal dunia akibat kecelakaan bermotor beberapa hari lalu.

Selain acara wisuda, kata Sri Irawati, juga digelar Expo Kewirausahaan yang menampilkan kuliner dan produk hasil kreativitas mahasiswa UMA.

“Kemudian, akan ada acara hiburan, di antaranya menampilkan tari jaipong, gamelan dan sisingaan, budaya tradisional Sunda,” kata Sri.

Ditambahkannya, sebelum diwisuda, para wisudawan terlebih dahulu mengikuti Pelatihan Memasuki Dunia Kerja (PMDK) yang digelar pada 13 Desember.2022 di Kampus I UMA. (Nas)



Print Friendly