Kakanwil Kemenagsu Hadiri Zikir Akbar Hari Santri Nasional

KANALMEDAN – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Syahrul Wirda, MM menghadiri zikir akbar pada peringatan hari santri tahun 2021, Jumat (22/10) di Pondok Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar.

Peringatan hari santri dan zikir akbar tersebut juga dihadiri Gubernur Provinsi Sumatera Utara Edy Rahmayadi, pimpinan Pondok Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar KH Ali Akbar Marbun, para Kepala Bidang, Kasubbag dan Kasi di lingkungan Kanwil Kemenag Sumatera Utara, ustaz dan ustazah serta seluruh santri.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyampaikan harapan pada santri agar santri belajar berbagai disipilin ilmu pengetahuan sehingga kedepan dapat menjadi umaroh yang taat kepada Allah dan sayang kepada umat.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Syahrul Wirda mengatakan, Kementerian Agama memiliki program unggulan yakni program ‘Moderasi Beragama’ yang memiliki makna yang sama dengan toleransi beragama.

Moderasi beragama, kata Syahrul, diyakini akan dapat membawa perdamaian dalam beragama di mana di dalamnya terkandung makna tenggang rasa dan saling menghormati untuk dapat menampilakn Islam yang rahmatan lil alamin’.

Dengan menerapkan program moderasi beragama, para santri dapat menjadi contoh yang baik dalam menjaga ketentraman beragama serta kemajuan bangsa Indonesia, kata Syahrul.

“Di hari santri ini mari kita satukan tekad dan niat bahwa kita berkewajiban mengisi pembangunan negara kesatuan Republik Indonesia dengan berdasarkan iman, Islam dan ikhsan,” kata Syahrul seraya menambahkan, ke depan para santri akan menjadi santri yang militan, santri yang tangguh, santri yang siap jiwa raga membela agama dan negara Indonesia. (sor)

Print Friendly