Ketua LPA Sumut Sambut Baik Program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

KANALMEDAN –  Ketua Lembaga Perlindungan Anak  (LPA) Sumatera Utara (Sumut), Muniruddin Ritonga, menyambut baik  Program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak yang diinisiatori Menteri Desa  H. Abdul Halim Iskandar.

Muniruddin Ritonga dan Gus Menteri

“Sebagai lembaga yang konsen dibidang anak, LPA dibawah kepemimpinan Arist Merdeka Sirait SH sangat berbahagia atas program ini. Karena diharapkan akan menjadi sarana dalam memutus mata rantai kejahatan seksual pada anak dan pengabaian terhadap hak dasar anak yang selama ini sering terjadi”, katanya di Medan, Rabu (11/11/2020).

Muniruddin mengatakan, dengan lahirnya UU No.06 tahun 2014  tentang Desa, sesungguhnya menjadi peluang besar bagi desa untuk mengurus dan menata kelola desanya dengan baik. Termasuk  kewenangan desa  dalam mencegah anak dari kejahatan serta memenuhi hak-hak dasar anak.

“Program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak ini memiliki posisi  sangat strategis untuk menekan angka pelanggaran  terhadap hak- hak anak. Sekaligus juga dapat meningkatkan pemenuhan hak-hak   anak”, katanya.

Meniruddin Ritonga berpendapat,  Program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak yang dicanangkan Menteri Desa Halim Iskandar akrab disapa Gus Menteri, juga dapat dimaknai sebagai bahagian dari  upaya mewujudkan Indonesia maju.Karena  Perempuan dan Anak  adalah  faktor pendukung yang sangat strategis dalam menentukan maju mundurnya suatu negara.

Dia berharap, kiranya komitmen dan keseriusan Kementerian Desa PDTT RI untuk mensukseskan Program Desa Ramah Perempuan Dan Peduli Anak, dapat  ditindaklanjuti oleh desa dengan baik.

“Kami dari LPA Sumut siap bekerjasama lahir bathin dengan Kemendes PDTT, demi kepentingan terbaik bagi anak-anak negeri ini dimasa depan”, katanya. (Jen/NAS)

Print Friendly