Bupati Zahir Bersama WR III UMSU Bekali 47 Putra/i Batu Bara Penerima Beasiswa KIP Kuliah


KANALMEDAN – Bupati Batu Bara, Ir.H. Zahir, MAP mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batu Bara sangat berkomitmen meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan kesejahteraan sosial melalui anggaran yang disiapkan dalam berbagai skema.

“Pemberian bantuan masyarakat miskin dengan melanjutkan pendidikan tinggi dari anggaran pemerintah pusat melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah sangat diapresiasi, apalagi angka partisipasi kasar (APK) anak-anak melanjutkan pendidikan masih rendah di Batubara, masih sekitar 17,39, salah satu penyebab adalah persoalan ekonomi,” kata Zahir didampingi Kapolres AKBP Ikhwan Lubis SH, MH dan Sekda Sakti Alam Siregar SH di hadapan 47 anak-anak Batu Bara yang diterima kuliah di UMSU melalui program KIP Kuliah, Aula SMP Negeri 1 Limapuluh, Batubara, Rabu (7/10).

Zahir di hadapan Wakil Rektor III UMSU Dr Rudianto MSi dan 47 mahasiswa baru UMSU Program KIP Kuliah mengatakan, persoalan ekonomi terdampak Covid-19 mengakibatkan terjadinya pengurangan pendapatan di masyarakat, salah satunya kesulitan masyarakat untuk menyekolahkan anak-anak ke jenjang yang lebih tinggi. Kondisi ini menyebabkan pemerintah pusat juga memberi perhatian khusus untuk Covid, yakni recofusing anggaran.

Untuk itu, perlu dilakukan berbagai upaya untuk menjajaki kerja sama dengan perguruan tinggi sehingga beban orangtua dapat dibantu.

“Saya perintahkan Dinas Sosial untuk menjajaki kerja sama dengan perguruan tinggi supaya anak-anak dari keluarga yang kurang mampu bisa melanjutkan pendidikan. Saya sebagai alumni Fakultas Pertanian UMSU mengucapkan terimakasih kepada pihak UMSU yang melaksanakan program ini. Kita berharap anak-anak terus dimotivasi sehingga berhasil menyelesaikan studi,” katanya.

MAHASISWA BERPRESTASI

Dalam kesempatan ity, Wakil Rektor IIIUMSU Dr Rudianto, MSi mengatakan sangat mengapresaisi Pemkab Batu Bara yang memberi perhatian anak-anak dari keluarga kurang mampu untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Langkah Pemkab Batu Bara ini sangat patut dicontoh pemerintah daerah lain, karena dengan perhatian dari pemerintah akhirnya banyak anak-anak yang tertolong,

“Anak-anak penerima KIP Kuliah ini akan ditempa menjadi orang-orang yang berprestasi di UMSU dengan mengikuti beragam kompetisi dan kegiatan di bidang akademik maupun nonakademik. Jadi, nanti adik-adik akan banyak diikutsertakan mengikuti beragam kegiatan mewakili mahasiswa. Pokoknya, terus didekatkan dengan keilmuan,” katanya.

Rudianto mengatakan, UMSU merupakan salah perguruan tinggi terbaik di luar pulau Jawa dengan akreditasi A untuk institusi dan 15 program studinya. Maka, para penerima KIP Kuliah harus benar-benar kuliah dan tentunya harus menjadi pembeda dari mahasiswa lain.

“Apa pembedanya ya itu prestasi akademik dan nonakademik. Satu lagi jangan pernah minder,” sarannya.

Kepala Biro Bidang Kemahasiswaan UMSU, Radiman, MSi, menambahkan, empat yang harus diperhatikan, indeks prestasi kumulatif tidak boleh kurang dari 3,0, penggunaan anggaran KIP tidak boleh di luar dari proses akademik, tidak boleh sambil bekerja atau kegiatan lain di luar kuliah, dan tidak boleh berumah tangga.

“Jangan bantuan dari KIP itu dibuat untuk beli tiket nonton, makan di kafe, DP sepeda motor. Kalau itu dilakukan nanti akan kesulitan dalam membuat pelaporan,” katanya.

Kepala Dinas Sosial Batu Bara, Ishak, SPd, MSi didampingi Koordinator PKH Batu Bara, Mukhrizal Arif, MPdI, mengatakan 47 penerima beasiswa KIP Kuliah dari Batu Bara akan mendapat bantuan paket pulsa internet sebesar Rp150.000/orang.

“Hasil koordinasi dengan Pimpinan Bank Mandiri Area Siantar, secara pribadi beliau membantu paket pulsa internet. Secara kelembagaan disahuti permohonan laptop bagi peserta KIP untuk diusulkan bantuan CSR dari Bank Mandiri Pusat,” katanya.

Acara berlangsung dengan penuh kekeluargaan. Bupati Batu Bara, Zahir mengenakan songket Batubara ke Wakil Rektor III UMSU.

Dalam acara itu, Kapolres Batu Bara, AKBP Ikhwan Lubis SH, MH memberikan buku “Kapolres Pejuang Dhuafa” kepada Wakil Rektor III UMSU Rudianto.

Tampak hadir Camat 50 Andre Aulia SSTP, Pengurus Karang Taruna Nanda Oktavian, Riky Ramadhan, Andi Lestari SKG serta Pendamping PKH Arief SE, MSi beserta pendamping PKH lainnya. (Nas)

Print Friendly