Hari Ini 1874 Mahasiswa Baru UISU Ikuti PKKMB Daring


Backdrop pelaksanaan PKKMB UISU Tahun Akademik yang akan dilaksanakan secara daring dan luring selama 3 hari (5-7 Oktober 2020).

KANALMEDAN – Sekitar 1874 mahasiswa baru UISU Tahun Akademik 2020/2021 dari 33 Program Studi mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara daring dan luring selama 3 hari (5-7 Oktober 2020).

Demikian disampaikan Ketua OC PKKMB UISU Ahmad Bakhori, ST. MT usai melihat persiapan pelaksanaan PKKMB di Pusat Administrasi UISU, Minggu (4/10).
Menurut Ahmad Bakhori yang juga Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kewirausahaan itu, pelaksanaan PKKMB kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Seperti kita tahu bahwa di masa pandemi ini kita melaksanaan kegiatan PKKMB secara daring dan luring dengan tetap berpedoman terhadap standar protocol kesehatan,”ujarnya didampingi Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Andang Suhendi SS. MA.

Hal itu sebagai bentuk, dukungan UISU sebagai Lembaga Pendidikan terhadap program pemerintah dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus covid19.

Jadi, kata Bakhori, mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan PKKMB di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan hanya 5 mahasiswa tiap fakultas.

“Selebihnya, seluruh mahasiswa baru UISU akan mengikuti secara virtual melalui aplikasi zoom dari tempatnya masing-masing,”katanya.

Khusus kepada mahasiswa yang menjadi perwakilan tiap fakultas, pihaknya mewajibkan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, menggunakan masker dan membersihkan tangan.
Sebab itu, lokasi pelaksanaan PKKMB di Auditorium juga sudah dipersiapkan dengan cara memperhatikan jarak antarmahasiswa dan undangan. Sehingga dipastikan, protokol kesehatan dapat dilaksanakan secara ketat.

Sedangkan untuk mahasiswa baru yang mengikuti secara daring dapat bergabung di aplikasi zoom melalui meeting ID dan password yang sudah disampaikan masing-masing operator dari fakultas.

Berdasarkan Panduan PKKMB 2020 yang diterbitkan Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setidaknya ada 7 (tujuan) pelaksanaan PKKMB. Di antaranya menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, serta peduli lingkungan dan masyarakat, memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan sivitas akademika di perguruan tinggi dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan perguruan tinggi, mewujudkan kampus yang ramah (inklusif), aman dan sehat serta memperkenalkan kiat sukses belajar.

Adapun acara PKKMB 2020 ini, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan menjelaskan untuk hari pertama (5/10) dipusatkan di Universitas. Sementara untuk hari kedua dan ketiga (6-7/10), kegiatan PKKMB diserahkan ke fakultas masing-masing.

“Untuk acara hari pertama, kita jugaa akan mengundang Kepala LLDikti Wilayah I untuk bergabung secara daring memberikan sambutan. Selain itu juga Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU dan Rektor UISU,”jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kewirausahaan/Ketua OC PKKMB UISU Ahmad Bakhori, ST. MT (Foto insert)

Selanjutnya adalah acara penyematan tanda peserta kepada mahasiswa baru perwakilan masing-masing fakultas sekaligus Penyerahan mahasiswa dari Rektor UISU kepada masing-masing pimpinan fakultas. Acara kemudian akan diisi dengan paparan tentang wawasan kebangsaan dari Pangdam I/BB dan Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia yang akan disampaikan Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP serta beberapa materi lainnya.

Untuk hari-hari selanjutnya, pelaksanaan PKKMB akan diserahkan dan dikelola masing-masing fakultas. “Ini juga sangat penting agar mahasiswa baru benar-benar mengetahui dan memahami fakultas dan program studi yang mereka pilih,”katanya.

Kepada mahasiswa baru, Ahmad Bakhori ST, MT berpesan agar mengikuti kegiatan PKKMB secara tertib dan disiplin sejak awal hingga akhir. Untuk tata tertib pelaksanaan PKKMB, pihaknya sudah menyampaikan kepada masing-masing operator fakultas dan dapat juga diakses melalui web www.uisu.ac.id.

Kepada wali atau orangtua mahasiswa baru juga dapat melihat dan mengikuti kegiatan PKKMB secara live melalui akun youtube humas uisu. (Nas)


Print Friendly