Kadis PMD Langkat Inginkan Kades dan BPD Tetap Harmonis

KANALMEDAN – Kepala Dinas PMD Langkat, Sutrisuanto, S.Sos,MAP mengharapkan semua Kepala Desa (Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Langkat tetap harmonis.

Sutrisuanto saat berbicara dihadapan peserta Pembinaan Musrenbangdes.

Harapan itu disampaikannya saat berbicara pada acara Pembinaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa ( Musrenbangdes) di aula Balai Desa Karang Rejo, Jumat (24/07/2020).

“Bekerjalah sesuai dengan tugas dan fungsinya. Jangan saling intip, sebab seperti sebuah rumah, masing- masing sudah ada kamar”, katanya.

Dalam acara yang dibuka Camat Stabat Nuriadi,S.Sos itu, Kadis PMD Langkat juga meminta agar Kades dan BPD jangan menonjolkan ego pribadi. Sebab fungsinya pengabdian untuk melayani masyarakat.

“Aturan yang mengatur tugas dan fungsi masing- masing sudah ada.Maka patuhi aturan itu, agar tidak saling berbenturan”, katanya.

TAK HADIR

Sayangnya, pembinaan Musrenbangdes yang seharusnya dihadiri para Kades dan Ketua BPD, ternyata malah tak hadir.

Panji Setiawan

Kecuali Kades Suliadi Solehan SE dan Ketua BPD Desa Karang Rejo, Sonny Effendi Kembaren sebagai tuan rumah, tak seorang pun Kades dan Ketua BPD di Kecamatan Stabat yang hadir di acara itu.

Malah yang hadir adalah para Kepala Kelurahan, yang ada di Kecamatan Stabat.

Dengan demikian, Pembinaan Musrenbang tersebut hanya diikuti lima Sekretaris Desa (Sekdes) dari enam desa yang ada di Kecamatan Stabat dan undangan lainnya.

Tidak ada konfirmasi jelas,mengapa para Kades di Kecamatan Stabat enggan menghadiri acara tersebut.

Dalam Pembinaan Musrenbangdes itu, Kabid Potensi Desa (Potdes) Dinas PMD Langkat, Panji Setiawan, menjelaskan prosedur serta apa dan mengapa Musrenbangdes dilakukan.

Panji Setiawan menyebutkan, tujuan Musrenbangdes antara lain adalah menyepakati prioritas kebutuhan/masalah dan kegiatan desa yang akan
menjadi bahan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Desa.

Disebutkan, Musrenbangdes yang baik akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa.

RKP Desa 2021

Dalam kesempatan sama, Tenaga Ahli (TA) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa  (P3MD) Kabupaten Langkat, Budi Hartono,  menyebutkan rencana kerja Kementerian Desa  tahun 2021 yakni fokus pemulihan ekonomi desa  yang meliputi sektor Industri,Pariwisata dan Investasi.

Budi Hartono juga mengingatkan tujuh agenda RKP Desa untuk  tahun 2021, yakni ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan, pengembangan wilayah untuk mengurangi kesenjangan, SDM berkualitas dan berdaya saing, pembangunan kebudayaan, pelayanan sosial dasar, transformasi pelayanan publik, dan revolusi mental.(Red)

Print Friendly