Ketua Komisi II DPRD Medan Datangi Warga Denai yang Tak Dapat Bansos

KANALMEDAN – Semenjak bantuan sosial (bansos) kepada warga terdampak Covid-19 mulai dikucurkan, tidak sedikit warga yang protes karena belum mendapatkan bagian ataupun menilai bantuan yang diberikan tidak tepat sasaran.

Seperti di Lingkungan 16 Kelurahan Binjai, Medan Denai, sebanyak 15 Kepala Keluarga (KK) yang kesehariannya bekerja sebagai tukang becak, tukang kusuk, tukang cuci rumah tangga dan para janda di tengah pandemi Covid-19 ini mengaku belum mendapat bantuan.

“Data kami dikutip namun sampai saat ini bantuan belum ada yang dapat,” kata Ani, seorang warga Lingkungan 16 Kelurahan Binjai.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi II DPRD Kota Medan Aulia Rahman mendatangi Lingkungan 16 Kelurahan Binjai tersebut untuk menampung aspirasi masyarakat. Aulia meminta agar kepala lingkungan (kepling) dapat berlaku adil.

Selain itu, ia mengatakan agar pendataan penerima bantuan harus dilakukan dengan baik dan tepat sasaran.

“Ke depannya itu pendataan itu benar-benar dilakukan kepala Lingkungan, Ke depannya Kepling harus update kependudukan khususnya lingkungan dia, dengan tumpang tindihnya data seperti ini, banyak yang gak dapat BLT ini,” ucap Aulia Rahman.

Ia mengatakan kinerja Kepling perlu lebih maksimal di tengah pandemi saat ini. Sebab, bantuan yang diberikan pemerintah nantinya akan disalurkan melalui Kepling sehingga apabila ada data yang tidak tepat maka warga otomatis akan mengadu ke Kepling.

“Karena bobrok sistem pemerintahan paling bawah (Kepala Lingkungan) tidak pernah update data warga lingkungan per triwulan atau per enam bulan sekali hingga tak tepat sasaran, mudah-mudahan ke depan dengan sistem yang baru Medan ini menjadi berkah,” ujarnya.

Aulia juga mengimbau agar masyarakat yang mampu dapat saling membantu tetangganya yang mengalami kesusahan.

Kepala Lingkungan 16 Kelurahan Binjai, Helmi mengatakan soal bantuan tersebut baru 500 KK yang dapat.

Dikutip informasi dari kelurahan, dari 5.000 paket yang baru diterima 500 untuk Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai. (Jen)

Print Friendly