UISU Salurkan Donasi untuk Warga Terdampak Covid-19

Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP saat menyalurkan donasi untuk warga terdampak Covid-19 di Masjid Qiblatain Medan Polonia.

KANALMEDAN – Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menyalurkan donasi dalam bentuk uang tunai kepada masyarakat yang terdampak pandemi virus corona atau Covid-19 di beberapa lokasi di kota Medan. Penyerahan donasi berlangsung secara bertahap.

“Kita berharap donasi yang kita sampaikan dapat meringankan beban masyarakat, khususnya dalam hal pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari,” ujar Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP di Kampus UISU, kemarin.

Dikatakan Rektor UISU, pandemi virus corona yang kini masih berlangsung telah menimbulkan dampak yang luarbiasa kepada masyarakat. Khususnya dampak ekonomi yang membuat masyarakat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kita dapat merasakan keresahan dan kesulitan masyarakat yang bekerja di sektor informal kini tidak bisa beraktivitas seperti biasa. Padahal masyarakat membutuhkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari,” ujarnya.

Untuk itu, katanya, UISU sejak awal berusaha memberikan kontribusi untuk meringkankan beban masyarakat dengan mengumpulkan donasi dari seluruh civitas akademika UISU.

“Alhamdulillah, setelah terkumpul kita dapat menyalurkan bantuan yang sudah diamanahkan kepada kita,” ucap Rektor UISU.

Secara teknis, katanya, kegiatan pengumpulan dana dan penyaluran dana donasi itu dilaksanakan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) UISU bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan Agama Islam (LEPPAI) UISU.

Ketua LEPPAI UISU, Drs. Ahmad Adib Nasution, MM diabadikan bersama penerima donasi UISU usai menyalurkan donasi untuk mahasiswa terdampak Covid19 di Kampus UISU Jalan SM Raja Medan.

Sebab, jelas Rektor, kegiatan donasi UISU untuk masyarakat terdampak pandemi virus corona ini juga merupakan bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan dakwah isamiyah yang menjadi tanggungjawab UISU sebagai perguruan tinggi.

Idealnya, ujar Rektor UISU, kampus harus dapat memberikan sumbangsih dan kontribusi yang konkrit untuk menjawab kesulitan yang dialami masyarakat.

Rektor UISU menambahkan bahwa selama pandemi virus corona ini, UISU secara aktif sudah melakukan kegiatan pengabdian dalam bentuk penyemprotan disinfektan ke masjid-masjid yang berada di Kota Medan dan sekitarnya.

“Kita juga membebaskan biaya pendaftaran mahasiswa baru untuk prodi non kedokteran sebagai upaya membantu calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di UISU,” katanya.

Sementara itu, pada kesempatan terpisah Ketua LPKM UISU, Dr. Rahmad Setia Budi menjelaskan bahwa pengumpulan donasi berlangsung sejak 11 April hingga 5 Mei oleh seluruh civitas akademika UISU. “Total dana yang terkumpul sebanyak Rp26.000.100,” katanya.

Dana tersebut, kata Rahmad, disalurkan kepada masayrakat umum dan mahasiswa yang terdampak pandemi corona. “Untuk masyarakat umum sebanyak 85 orang dan mahasiswa sebanyak 51 orang,” katanya.

Rahmad mengatakan, untuk penyaluran kepada masyarakat dilakukan melalui bantuan Badan Kenaziran Masjid di beberrapa lokasi di Kota Medan. Seperti Masjid Al Jihad Namorambe, Masjdi Al Khairiyah Jalan Kertas, Masjid Ar Rahmad Jalan Kowilhan, Masjid Istiada Sunggal dan Masjid  Al Muttaqin Bandar Setia.

Sedangkan untuk mahasiswa penyerahan bantuan langsung diberikan kepada mahasiswa UISU di kampus UISU Jalan SM Raja Medan, salah satunya mahasiswa asal Thailand yang sedang melanjutkan pendidikan di UISU. (Nas)

Print Friendly