Bupati Batu Bara Siapkan Rumah Karantina untuk ODP

KANALMEDAN – Bupati Batu Bara Ir Zahir didampingi Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis langsung meninjau persiapan rumah karantina bagi orang dalam pemantauan (ODP) yang baru pulang dari negeri tetangga Malaysia.

Hal ini disampaikan Bupati dalam kunjungannya, Kamis (2/3/2020) di lokasi yang akan dibuat rumah karantina di gedung SD 00195 di Desa Tanah Itam Ilir, Kecamatan Lima Puluh pesisir, Kabupaten Batu Bara

Bupati Batu Bara Ir Zahir mengatakan, pemerintah akan menyediakan dan mempersiapkan tempat rumah karantina. Ini bertujuan untuk masyarakat Batu Bara yang baru pulang dari luar negeri. “TKI khususnya yang baru pulang dari Malaysia ini harus kita rumahkan selama 14 hari ke dapan,” kata Zahir.

Hal ini, kata politisi PDI Perjuangan ini, sebagai salah satu upaya pencegahan agar virus corona attau Covid-19 tidak menyebar di daerah Batu Bara. “Mereka harus dirumahkan dan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.  Apabilah dalam 14 hari tidak positif maka mereka akan kita kembalikan ke rumah masing masing,” kata Zahir.

Bupati mengucapakan Alhamdulillah sampai hari ini masyarakat Kabupaten Batu Bara belum ada yang positif terinfeksi virus corona. Dia mengharapkan kepada masyarakat Kabupaten Batu Bara agar selalu mengikuti imbaun pemerintah dan kepolisian khususnya Polres Batu Bara agar menjauhi tempat-tempat kerumunan.

“Untuk itu semua kita akan persiapkan mulai dari ruang isolasi dan APD penanganan Covid-19 sampai rumah karantina ODP, Semua ini demi melawan Virus Corona yang bisa terbawa masuk  ke Kabupaten Batu Bara melalui ODP yang terdata,” kata bupati .

Zahir kemudian mengajak semua pihak berkerjasama mulai dari kepala desa sampai kepala dusun agar selalu mendata masyarakat yang baru pulang dari negeri jiran dan mlaporkannya kepada ketua Gugus Kabupaten.

Pemerintah Kabupaten Batu Bara akan mengeluarkan dana untuk pos pos terpadu yang melakukan pencerahan siaga virus corona. “Kita akan membuat pos di seluruh daerah Kabupaten Batu Bara dan relawannya kita berlakukan untuk seluruh masyarakat  Kabupaten Batu Bara agar sama-sama kita bisa berjuang melawan Covid 19,” tandas Bupati Zahir.

Menurut Kadis Kesehatan Batu Bara dr Wahid Khusyairi, di Kabupaten Batu Bara saat ini yang terdata ODP sebanyak 174 orang. Oleh karena itu tim Dinkes terus berupaya untuk mendata secara maksimal  (Nas)

Print Friendly