Kemenag Sumut Buka Rekrutmen Calon Petugas Haji Tahun 2020

Kasi Bina Haji Reguler dan Advokasi Kanwil Kemenagsu, H Farhan Indra MA

KANALMEDAN – Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, membuka pendaftaran rekrutmen  calon petugas haji tahun 2020. Pendaftaran dimulai  20 – 29 Januari 2020 di seluruh kemenag kab/ kota dan Kanwil Kemenag Sumut.

Demikian dikatakan Kabid Haji dan Umrah, H Muslim MM melalui Kepala Seksi Bina Haji Reguler dan Advokasi, H Farhan Indra MA, Selasa ( 28/1).

Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi, maka para calon petugas haji tersebut  baik yang mendaftar di kemenag kab kota maupun   yang mendaftar di  Kanwil Kemenagsu akan mengikuti ujian tes kompetensi tingkat pertama  di  kemenag kab/kota dan di Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara dengan sistem online CAT ( Computer Assited Tes).

Selanjutnya, kata Farhan, calon petugas yang dinyatakan lulus di tingkat kemenag kab/kota dan kanwil  menyerahkan hasil seleksi tingkat kab/kota pada panitia tingkat Kanwil Kemenagsu untuk mengikuti tes tingkat Provinsi sebagai tahap kedua.

Peserta yang akan  mengikuti tes tingkat Kanwil Kemenag Sumut wajib membawa Handphone Android. Tes terdiri dari dua bentuk yaitu tes kompetensi secara online CAT dan tes wawancara. Pengumumam hasil seleksi tahap kedua tingkat Kanwil Kemenag Sumut pada 18 Februari 2020.

Para calon petugas haji yang dinyatakan lulus seleksi tingkat Kanwil Kemenagsu, selanjutnya akan mengikuti pembekalan dan pelatihan PPIH kloter pada 26 Februari – 31Maret 2020.

Kabid Haji berharap pada semua pendaftar calon petugas haji tahun 2020 agar mempersiapkan semua berkas yang diperlukan dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian kompetensi , pendalaman tentang tugas tugas perhajian dan wawancara.

“Mari kita  serahkan sepenuhnya usaha kita  pada  Allah SWT dan yakin pada kemampuan diri kita  sendiri ” kata Farhan seraya menambahkan bobot nilai berkas 40 persen dan tes kompetensi melalui  CAT 60 persen.

Tes calon petugas haji tahun ini ada perubahan, dimana pada tahun lalu, tes kompetensi di kab/kota masih  manual, tetapi tahun ini, tes kompetensi di semua kab/kota dengan sistem online CAT. (Sor)

Print Friendly