Tim Unpab Dampingi UKM Desain Kemasan Ikan Asin dan Penjualan Online

KANALMEDAN – Tim Pengabdian Masyarakat Universtas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan mendampingi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, dalam mendesain kemasan produk ikan asin dan penjualannya secara online.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Unpab Sri Wahyuni, SKom, Mkom di Kampus Unpab, Jalan Gatot Subroto Km 4,5 Medan, Jumat (6/9) mengatakan, pendampingan pelaku UKM dalam mendesain kemasan dan penjualan online ikan asin ini upaya meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan Bagan Deli.

“Dengan desain kemasan yang menarik serta memanfaatkan teknologi informasi dan media sosial, penjualan ikan asin dapat dilakukan secara meluas. Selain itu dengan desain kemasan produk yang baik, produk lebih tahan lama dan lebih mudah untuk dikirim ke daerah lain atau dibawa sebagai oleh-oleh. Ini dapat meningkatkan penjualan dan penghasilan para istri nelayan,” kata Sri Wahyuni didampingi anggota tim Akhyar Lubis, SKom, MKom dan Mesra B, SE MM.  

Sebelum melakukan pendampingan, kata Sri Wahyuni, pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat Bagan Deli baik kepada kelurahan selaku pemangku kepentingan maupun kepada UKM Desi yang mewadahi masyarakat nelayan dalam memproduksi ikan asin.

Selanjutnya, tim Unpab melakukan pelatihan dan pendampingan secara langsung dalam pemilihan kemasan, mendesain kemasan serta pengurusan izin Produk Industri Rumah Tangga (P-IRT) dan label Halal.

Sebab, kata Sri Wahyuni, untuk menjangkau pasar modern seperti swalayan dan supermarket, produk harus memiliki izin P-IRT dan label Halal.

“Karenanya, dalam merealisasikan hal tersebut diperlukan kerja sama dari berbagai pihak yaitu pemerintahan setempat termasuk di dalamnya dinas, dirjen dan beberapa instansi lainnya, kelompok istri nelayan pembuat ikan asin dan Tim Pengabdian Unpab,” kata dosen Fakultas Sains dan Teknologi Unpab ini.  

Hasil dari pendampingan ini, tambah Sri Wahyuni, UKM Desi sudah memiliki desain kemasan yang baik serta menarik, karena dilakukan pembungkusan dengan alat vacum sealer yang sebelumnya tidak menggunakan kemasan khusus hanya menggunakan plastik kantongan biasa. Untuk desain kemasan produk ini, tim dibantu oleh dua mahasiswa Program Studi Teknik Komputer Unpab.

“Tim juga melakukan pelatihan cara mengupload dan mempromosikan penjualanan secara online yaitu dengan menggunakan aplikasi Sophee dan Bukalapak ataupun promosi pada media sosial guna  meningkatkan penjualan ikan asin produk UKM Desi,” kata Sri Wahyuni. 

Penjualanan yang dilakukan secara online, kata Sri, dapat memperluas pasar sehingga menambah pendapatan masyarakat Bagan Deli yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan. (Nas)

Tim Pengabdian Masyarakat Unpab Medan saat menggelar pelatihan penjualan online bagi istri para nelayan di Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Medan.

Print Friendly