UMSU Lepas 1.032 Mahasiswa PPLP dan Magang Internasional


Rektor UMSU Dr Agussani MAP saat melepas 1mahasiswa FKIP mengikuti PPLP-2 dan PPLP-3 ke berbagai sekolah di Medan.

KANALMEDAN – Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Dr Agussani MAP melepas 1.032 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mengikuti Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PPLP) 2 dan 3 ke berbagai sekolah di Medan dan enam mahasiswa yang akan melakukan program magang internasional di Filipina dan Thailand.

Pelepasan yang berlangsung dalam satu upacara di Lapangan Kampus Utama UMSU, Jalan Mukhtar Basri Medan dihadiri Wakil Rektor I Muhammad Arifin, Dekan FKIP Dr Elfrianto Nasution MPd dan Ketua Kantor Urusan Internasional Eka Airlangga, kemarin.

PPLP merupakan program yang terintegrasi pada matakuliah smester 5 dan 7 dan merupakan persyarat wajib yang harus diikuti. PPLP dilakukan untuk mendekatkan mahasiswa pada proses belajar dan mengajar di sekolah.

Rektor berharap agar proses kegiatan PPLP selama sebulan itu dapat diikuti dengan baik dan penuh dedikasi. Sebagai seorang calon guru maka proses kegiatan PLP dapat mengasah kompetensi pedagogik,  kompetensi kepribadian dan sosial serta kompetensi profesionalisme.

“Usai pelaksanaan PLP ini maka mahasiswa FKIP UMSU akan memiliki kemampuan dan kompetensi yang unggul, mampu bersaing baik lingkup regional, nasional bahkan internasional,” harap rektor.

Mahasiswa FKIP yang mengikuti kegiatan PLP selama sebulan itu terdiri dari 434 mahasiswa untuk PPLP-2 dan  598 mahasiswa untuk PPLP-3.

Selain melepas mahasiswa untuk PPLP-2 dan 3, Rektor UMSU Agussani MAP juga melepas pemberangkatan enam mahasiswa FKIP UMSU untuk mengikuti program magang internasional di dua negara, yakni Filipina dan Thailand.

Program SEA Teacher adalah program pertukaran calon guru yang diprakarsai oleh Kementerian Pendidikan negara-negara di kawasan Asia Tenggara (SEAMEO) berkolaborasi dengan berbagai perguruan tinggi. Program magang internasional yang dikelola SEAMEO  memberi kesempatan bagi mahasiswa calon guru untuk memiliki pengalaman mengajar di sekolah-sekolah dikawasan Asia Tenggara.

Program magang internasional yang dilepas merupakan angkatan ke-8. Dari pengalaman angkatan pertama hingga ke tujuh maka kegiatan magang internasional itu sangat memberi manfaat kepada mahasiswa calon guru karena mendapat pengalaman baru bagaimana proses belajar dan mengajar di luar negeri. Magang internasional itu juga akan memberikan wawasan dan kepercayaan diri yang kuat sebagai seorang guru.

Sementara Dekan FKIP UMSU Elfrianto berpesan agar mahasiswa menjaga nama baik universitas, menjaga etika, sopan santun dan berperilaku terpuji, sehingga lulusan FKIP dapat diterima di masyarakat dan menjadikan mahasiswa yang unggul, cerdas dan terpercaya.

“FKIP UMSU akan terus menghasilkan lulusan berkualitas dan memiliki kompetensi di bidangnya baik di tingkat nasional dan internasional. Karenanya, penguatan akademik akan terus ditingkatkan sejalan dengan tuntutan revolusi industri 4.0 saat ini,” jelasnya. (Nas)

Print Friendly