Sekjen Kemendes PDTT Paparkan Dana Desa di USU

Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi  saat memaparkan masalah Dana Desa di hadapan civitas akademika Universitas Sumatera Utara ( USU) Medan, Jumat pagi (21/06/2019).

KANALMEDAN – Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi  memaparkan masalah Dana Desa di hadapan civitas akademika Universitas Sumatera Utara ( USU) Medan, Jumat pagi (21/06/2019).

Didampingi Kadis PMD Provsu Ir Aspan Soufian Batubara MM, Sekjen Kemendesa menyebutkan pemerintah memiliki komitmen untuk terus meningkatkan alokasi Dana Desa.

“Dana desa kini sudah dinaikkan menjadi Rp 73 Triliun, lebih tinggi dibanding sebelumnya yang mencapai Rp 60 triliun,” papar Anwar .

Sejak dana desa digulirkan, kata dia, banyak kemajuan yang terjadi di desa. Inpratruktur desa sudah semakin baik dengan terbangunnya sarana dan prasarana.

Pembangunan embung, PAUD, Bumdesa dan oarana olahraga, misalnya saat ini sudah sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa.

Dampak lain dari Dana Desa, kata dia, juga memberi manfaat  yang multi efek. Apalagi dengan program padat karya tunai, dampak dana desa telah menyerap tenaga kerja yang cukup tinggi.

Menurut Anwar, kini dana desa tidak lagi  difokuskan ke pembangunan, terutama infrastruktur serta peningkatan pelayanan. Tetapi sudah bergeser kepada sektor pemberdayaan masyarakat, terutama program yang dapat meningkatkan perekonomian warga desa.

“Hampir di setiap desa kini telah berdiri Bumdesa, yang akan memaksimalkan manfaat dana desa untuk kesejahteraan warga desa,” katanya.

Dalam kesempatan itu diputarkan juga vidio kegiatan Bumdes di Bali dan Desa Ponggoh, yang sukses mengembangkan usaha. (Jen)

Print Friendly