Diwarnai Pesta Kembang Api, Gubsu Resmikan PRSU ke-47

KANALMEDAN – Diwarnai letusan kembang api di belakang panggung, Gubsu T Erry Nuradi meresmikan Pekan Raya Sumatera (PRSU) ke-47 yang berlangsung di open stage di Jl Jenderal Gatot Subroto Km 5 Sei Sikambing, Medan Helvetia, Kota Medan, Minggu malam (18/3).

Selain kembang api, peresmiannya diwarnai penampilan tarian etnis dan pesta kembang api, dihadiri sejumlah pejabat kementerian dan perwakilan Negara sahabat, para Bupati dan Walikota serta pejabat daerah se Sumut. PRSU 2018 mengusung tema “Mari Tingkatkan Investasi, Pariwisata dan Perdagangan di Provinsi Sumatera Utara”.

Diharapkan gelaran ini, perekonomian dan daya saing Provinsi Sumatera Utara semakin bertumbuh sehingga dapat memberikan kesejahteraan pada masyarakat Sumut. Usai meresmikan PRSU 2018, Gubsu Erry Nuradi bersama rombongan meninjau berbagai stand dari 33 kabupaten/kota di Sumut yang menawarkan kerajinan dan hasil produksi daerahnya.

Peserta dari Provinsi luar Sumut yakni stand Pulau Penang Malaysia juga ada di lokasi ini dan setiap tahun ikut berpartisipasi. Di areal pameran ini ada juga pameran lainnya seperti industri dan otomotif.

Sementara itu, pihak penyelenggara PRSU 2018 juga menyiapkan banyak wahana hiburan atraktif, zona robot, super hero, serta berbagai jajanan kuliner, belanja berhadiah sepeda motor, pameran spesial, dan spot foto untuk pengujung ber-selfie ria.

Informasi yang dihimpun Kanalmedan menyebutkan, jumlah pengunjung tercatat tidak kurang dari 1.500 orang. “Alhamdulillah baru soft opening sudah lumayan ramai. Apalagi tanggal 18 Maret pada saat grand opening yang di buka langsung oleh Gubernur Sumatera Utara,” kata Presiden Direktur PT Malik Ghonniyu Razaak, Dewi Rosayanti Syam, yang akrab disapa Rosa, Jumat (16/3).

PRSU 2018 menampilkan berbagai potensi Sumut. Baik itu pertanian, industri, serta pariwisata. Belum lagi sederet artis pengisi acara. Pada soft opening saja sudah ditampilkan penyanyi dangdut Ibukota, Risma Aw Aw.

Penyanyi jebolan kontes ajang pencarian bakat Dangdut Academy tersebut tampil menghentak. Membawakan lagu-lagu andalannya seperti, Cinta Lama Bersemi Kembali, Ok Bos, dan Sayang, Risma sukses membuai penonton dari panggung utama PRSU.

“Ini baru pemanasan. Besok Ada Govinda yang akan menghibur pengunjung PRSU. Dijamin makin seru,” ujar Rosa. Menjadi event kebanggaan masyarakat Sumut, berbagai penyempurnaan pun dilakukan pada PRSU. Dari mulai security parking, toilet yang dikelola dengan profesional, hingga tiket yang menggunakan sistem barcode.

“Konten acaranya pun kita set maksimal sehingga lebih menarik. Contohnya Panggung Keong. Nuansanya warna-warni. Tata panggung dan sound system-nya modern. Tanpa melupakan sisi tradional yang menonjolkan kultur dari Sumut. Dan yang pasti kita sediakan doorprize menarik buat pengunjung. Hadiah utamanya 1 unit sepeda motor,” terang Rosa.

Ramainya pengunjung juga dirasakan oleh para pengisi stand pameran. Sebanyak 320 stand pemerintah, swasta serta UMKM ramai disambangi pengunjung.

“Baru tahun ini jualan di PRSU. Sengaja saya ke Medan buat ikut PRSU. Lumayan ramai lah mas untuk hari pertama. Semoga nanti setelah grand opening makin banyak pembeli. Buat tambah-tambah pulang kampung mas,” kata Andri penjual jajanan asal Solo sambil tersenyum.

Sama halnya Samsul Syah pemilik kedai kopi Sapda Cafe yang ikutan buka stand di PRSU. Samsul mengaku cukup lumayan menyuguhkan kopi di pembukaan PRSU.

“Hari ini hampir 100 cup lah bang. Baru hari pertama bang. Belum terlalu. Biasa kalau setelah grand opening itu baru ramai sekali. Sampai 200-300 cup per hari,” kata Samsul yang rutin membuka kedai kopi setiap ajang PRSU. (Partono)

Print Friendly