Dosen STAIN Madina Jadi Dewan Hakim MTQ Nasional

KANALMEDAN – Dosen STAIN Mandailing Natal (Madina) Rita Gemasari Lubis MA diamanahkan menjadi Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-38 tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Kota Solok.

Rita Gemasari  Lubis yang telah beberapa kali juara cabang syarhil quran di tingkat nasional, dipercaya jadi dewan hakim cabang syarhil Quran setelah melewati sertifikasi dewan hakim nasional. 

Pembukaan  MTQ Nasional tersebut ditandai dengan tabuhan beduk oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Prof Dr H Muhammadiyah Amin MAg, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, dan Wali Kota Solok Zul Elfian pada 15 Juni lalu.

Civitas akademik STAIN Madina yang diketuai Dr H Torkis Lubis DE SS  merasa bangga karena dosennya ikut terlibat menyukseskan kegiatan tersebut. MTQ Nasional ke-38 tingkat Sumbar yang berlangsung sejak 14 hingga 22 Juni 2019 diikuti oleh 1.066 peserta dari 19 kabupaten/kota se-Sumbar. Peserta bertanding dalam 11 cabang lomba dan 34 golongan.

Rita Gemasari  Lubis, kelahiran 1 Januari 1990 ini mengampu dosen bahasa dan sastra arab di STAIN Madina. Ia juga tiga kali juara nasional pada perhelatan MTQ tingkat nasional.

Ibu yang dikarunai 2 anak ini  juga pernah menjuarai  syahril Quran pada MTQ Nasional di Bengkulu tahun 2010. Ia juga pernah juara pertama pada bidang Syahril Quran pada MTQ Nasional di Ambon Maluku. Perempuan berdarah  Mandailing ini juga pernah menyabet pidato berbahasa Indonesia putri pada Pospenas tahun 2007 di Samarinda Kalimantan Timur.

Secara terpisah, Ketua II STAIN Madina Dr H Kohar MM  merasa bangga terhadap potensi dosen yang ada di lingkungan civitas akademik STAIN Madina. Kampus yang baru diresmikan jadi STAIN (dahulu Sekolah Tinggi Agama Islam Madina) oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin pada 12 April 2018 ini diharapkan mencetak ilmuan-ilmuan muslim Mandailing Natal yang akan mampu bersaing di bidangnya. (Nas/Rel)

Print Friendly