Pelindo 1 dan UMA Kerja Sama Program Magang Mahasiswa Bersertifikat


Direktur SDM Pelindo 1 H Hamied Wijaya dan Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MEng MSc (kiri) menunjukkan naskah MoU yang baru ditandatangani, di Kantor Pusat Pelindo 1 Jalan Krakatau Ujung Medan, Senin (11/3). 

KANALMEDAN – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 Persero dan Universitas Medan Area (UMA) bersama sejumlah perguruan tinggi di Sumatera Utara dan Aceh menandatangani nota kesepahaman kerja sama Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).

Naskah kesepahaman kerja sama tersebut ditandatangani Direktur SDM Pelindo 1 H Hamied Wijaya dan Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MEng MSc serta pimpinan perguruan tinggi lainnya, di Kantor Pusat Pelindo 1 Jalan Krakatau Ujung Medan, Senin (11/3). 

Rektor UMA Prof Dadan Ramdan didampingi Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Dr Ir Zulheri Noer MP dan Kabag Humas UMA Ir Asmah Indrawati kepada pers seusai penandatanganan MoU mengatakan, Program Magang Mahasiswa Bersertifikat atau PMMB merupakan perwujudan dari Program Nawacita Presiden Joko Widodo dan Sinergi BUMN.

“Program Magang Mahasiswa Bersertifikat merupakan salah satu perwujudan program Kementerian BUMN yakni ‘BUMN Hadir untuk Negeri’. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di BUMN melalui PMMB,” kata Dadan di ruang kerjanya, Kampus I UMA Jalalan Kolam Medan Estate.

Dadan menjelaskan, PMMB terbuka untuk semua fakultas yang ada di UMA. Tapi harus melalui seleksi baik yang dilakukan di lingkungan UMA maupun di Pelindo 1. Unsur-unsur yang dinilai antara lain potensi akademik, keterampilan (skill) dan attitude (prilaku).

“Mahasiswa yang dinyatakan diterima sebagai peserta PMMB di Pelindo 1 atau BUMN lainnya akan melaksanakan magang selama enam bulan. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja yang nyata di dunia kerja, mendapatkan sertifikat kompetensi, uang saku Rp85 ribu per hari serta memiliki kesempatan pertama jika ada program perekrutan di BUMN,” kata rektor.

Peserta magang, tuturnya, diproyeksikan untuk mahasiswa yang duduk di semester VI dan VII. Karenanya, UMA harus menyesuaikan krikulum agar ilmu yang dipelajari di bangku kuliah link and match dengan industri dan dunia kerja.

“PMMB diharapkan menjadi langkah strategis meningkatkan kualitas lulusan PTN/PTS dengan terjun langsung di dunia kerja untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh di lingkungan pendidikan,” harap mantan Dekan Fakultas Teknik UMA ini. (Nas)

Print Friendly