600  Mahasiswa FP UMA Field Trip di PTPN IV  

Field Trip FP UMA2KANALMEDAN – Sekira 600 mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Medan Area (FP UMA) yang terbagi dalam dua rombongan, mengadakan field trip (studi lapangan) ke Pabrik Teh PTPN IV Unit Bah Butong, Kabupaten Simalungun, dan PTPN IV Kebun Adolina Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara.

Dekan FP UMA Dr Ir Syahbuddin Hasibuan MSi kepada wartawan di ruang kerjanya, Kampus I UMA Jalan Kolam Medan Estate, Jumat (22/2) mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda wajib bagi setiap mahasiswa Program Studi Agribisnis dan Prodi Agroteknologi FP UMA. Tujuannya untuk mengombinasikan teori yang didapat di bangku kuliah dengan realita yang ada di lapangan.

“Setelah memeroleh ilmu di bangku kuliah, mahasiswa kemudian melihat kenyataan di lapangan,” kata Syahbuddin yang didampingi Wakil Dekan (WD) Bidang Akademik Ir H Erwin Pane MS, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Ir Gustami Harahap MP, dan Ketua Panitia Field Trip Ir Abdul Rahman MS.

Di Pabrik Teh PTPN IV Bah Butong, kata Syahbuddin, sekira 300 mahasiswa semester V dan VII diperkenalkan mulai dari proses penanaman, pemanenan, pemilihan pucuk daun teh yang siap diproduksi untuk diolah menjadi bubuk teh hitam hingga pemakingan (packing) yang kemudian diekspor ke pasar internasional seperti Eropa. Kegiatan ini berlangsung Selasa (19/2) lalu.

Sedangkan di PTPN IV Kebun Adolina, 300 mahasiswa semester III FP UMA yang merupakan rombongan kedua field trip, ditunjukkan langsung mulai dari pembibitan, penananaman, perawatan, pemanenan hingga pengolahan menjadi CPO di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Adolina Perbaungan. Kegiatan ini berelangsung Kamis (22/1) lalu.

Dijelaskannya, field trip merupakan pengetahuan awal sebelum mahasiswa melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Karenanya, mahasiswa wajib melaksanakan field trip minimal empat kali selama kuliah.

“Kami harapkan ke depan field trip jadi soft skill mahasiswa yang bisa dicantumkan sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah atau SKPI,” kata Syahbuddin.

Dengan program ini, kata Syahbuddin, diharapkan lulusan FP UMA menjadi SDM yang siap memasuki dunia kerja atau berwirausaha. “Kami harapkan lulusan FP UMA akan unggul dari lulusan perguruan tinggi lainnya. Apalagi Prodi Agribisnis UMA satu-satunya terkareditasi A dari seluruh PTS yang ada di Pulau Sumatera,” kata Syahbuddin.

Ketua Panitia Field Trip Abdul Rahman menambahkan, di Pabrik Teh Bah Butong, rombongan field trip FP UMA dipandu oleh Kabag Sumber Daya Manuusia (SDM) Pak Tambunan, dan Papam Kebun Kapten Silalahi. Sedangkan di PTPN IV Adolina, rombongan mahasiswa dipandu oleh Manajer Umum Rizki dan Manajer PKS Adolina Butarbutar.

Dalam kegiatan field trip tersebut, kata Abdul Rahman, FP UMA juga memberikan cenderamata kepada pihak PTPN IV Pabrik Teh Unit Bah Butong dan PTPN IV Adolina sebagai bentuk ucapan terima kasih bersedia bekerja sama dalam kegiatan field trip ini. (NAS)

Print Friendly