UISU dan Mahsa Universty Sepakati Kerja Sama

KANALMEDAN – Univeristas Islam Sumatera Utara (UISU) dan Mahsa University yang berlokasi di Petaling Jaya Malaysia sepakat melakukan kerja sama dalam rangka implementasi tri dharma perguruan tinggi untuk lima tahun ke depan. Hal itu ditandai dengan penandatanganan naskah kesepahaman kerja sama antara Pejabat Rektor UISU Dr Liesna Andriany MPd dan Mahsa University Comptroller Professor Dato’ Dr Khairul Anuar bin Abdullah, di Malaysia, Kamis (14/2).

Pejabat Rektor UISU  Liesna Andriany saa tiba di Medan, kepada wartawan di Biro Rektor UISU, Sabtu (16/2) mengatakan, penandatanganan naskah kesepahaman kerja sama ini merupakan upaya UISU dalam meningkatkan kualitas implementasi tri dharma perguruan tinggi, yakni dalam dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian serta dakwah islamiyah yang menjadi kekhasan UISU sebagai perguruan tinggi Islami.

Dikatakannya, pihak Mahsa University menyambut baik kedatangan pimpinan UISU dan Fakultas Kedokteran (FK) dalam rangka kerja sama tersebut. Dalam waktu dekat, ujarnya, Fakultas Kedokteran UISU akan menyiapkan draft kerja sama teknis (memorandum of agreement/MoA) sebagai implementasi dari penandatanganan MoU antara kedua pimpinan perguruan tinggi tersebut.

Liesna Andriany berharap, UISU dapat belajar dan bertukar pengalaman dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan pendidikan tinggi antara kedua institusi. Dengan demikian UISU pada tahun mendatang dapat bersaing dengan perguruan tinggi lain, baik secara nasional maupun secara regional.

Turut hadir dalam kunjungan penandatanganan MoU ke Malaysia itu, yakni Pembantu Rektor UISU Bidang Kerjasama dan Kelembagaan Dr Syarifuddin Elhayat MA. Sedangkan dari FK UISU turut hadir Pembantu Dekan, yakni dr Indra Janis, dr Alamsyah Lukito MKes dan dr Marzuki Samion.

Pada kesempatan yang berbeda, Pembantu Dekan FK UISU dr Alamsyah Lukito yang juga ikut dalam proses penandatangan MoU mengatakan, FK saat ini tengah menggodok kerja sama teknis untuk dapat direalisasikan secepatnya bersama Mahsa University. “Saat ini kita sedang membahas draft MoA-nya,” ujar Alamsyah.

Beberapa hal penting dalam kerja sama teknis yang akan disepakati antara FK UISU dan Mahsa University yakni kerjasama dalam hal penelitian dan publikasi bersama kedua institusi, pertukaran mahasiswa, pelaksanaan konferensi dan workshp bersama serta kerjasama lain yang memungkinkan dan dapat memberikan manfaat bagi kedua pihak. (NAS)

Print Friendly