UHN Medan Sumbangkan 35 Ribu Bibit Pohon

KANALMEDAN – Kuliah Praktik dan Pengabdian Mahasiswa (KPPM) Universitas HKBP Nommensen periode 42 yang berlangsung 22 Januari – 13 Februari 2019 di antaranya diisi kegiatan penghijauan dan pengabdian dosen di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UHN Dr Janpatar Simamora SH MH selaku penyelenggara kegiatan, Sabtu (16/2) kepada wartawan mengatakan, mahasiswa peserta KPPM kali ini disebar di 40 desa yang berada di kecamatan, yaitu Kecamatan Balige, Kecamatan Laguboti, Kecamatan Siantar Narumonda dan Kecamatan Porsea.

“Dalam KPPM itu, UHN bekerja sama dengan BPDAS Wampu Sei Ular menyumbangkan sebanyak 35.000 bibit pohon sebagai upaya penghijauan di wilayah Kabupaten Toba Samosir,” kata ahli hukum tata negara ini.

Janpatar Simamora yang juga Ketua Program Studi Magister Hukum UHN menambahkan, bibit pohon yang disumbangkan terdiri dari dua kategori, yaitu pohon produktif dan nonproduktif. Bibit pohon produktif seperti durian, petai, belimbing, sirsak, rambutan, dan jambu bol. Sedangkan bibit pohon nonproduktif berupa mahoni, kayu afrika, sengon, mindi, dan jati.

“Pembagian bibit pohon produktif dan nonproduktif ini merupakan bagian dari perwujudan tridarma perguruan tinggi, salah satunya pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” katanya seraya menambahkan, penyerahan bibit kepada masyarakat diterima secara simbolis oleh Camat Siantar Narumonda Pintor Pangaribuan SH.

Dia berharap, lewat KPPM itu UHN berkontribusi kepada masyarakat lewat program pelestarian alam dan lingkungan dengan cara penghijauan.

Sementara itu, Pengurus Yayasan HKBP Nomensen Victor Silaen SE MM yang turut hadir dalam pembagian bibit pohon kepada masyarakat Tobasa KPPM UHN di Toba Samosir membuktikan UHN dan Yayasan HKBP Nommensen hadir dalam pelayanan dan pengabdian untuk meningkatkan pola pikir dan daya saing masyarakat.

“Pembagian puluhan ribu bibit pohon kepada warga masyarakat Tobasa bertujuan agar lahan-ahan kosong milik masyarakat desa ditanami pohon produktif dan menghasilkan sekalgus menjaga kelestarian lingkungan,” kata Victor.

Selain melakukan penghijauan, enam dosen dari berbagai fakultas di UHN, yakni Dr Samse Pandiangan MSc, Dr Hotman Manurung, Ir Rosnawyta Simanjuntak MP (Fakultas Pertanian), Dr Marlan Hutahaean MSi (Fisipol), Dr Hisar Siregar SH MHum dan Dr Janpatar Simamora (Fakultas Hukum) juga turun ke lapangan melakukan pengabdian. Mereka melakukan pengabdian sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. (NAS)

 

 

Print Friendly