Baruas Desa Percontohan PT PW2-KSS 2018

KANALMEDAN-SIDIMPUAN : Desa Baruas, Kecamatan Padangsidimpian Batunadua, Kota Padangsidimpuan  turut menjadi peserta pada lomba desa percontohan PT PW2-KSS Tahun 2018.

Hal itu merupakan bagian dari pembinaan desa/keluarahan PT P2W-KSS yang merupakan salah satu strategi pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan, dimulai dari pemberdayaan masyarakat.

“Pembinaan dimaksud dalam hal ini dimulai dari level atau unit terkecil dari masyarakat, dan kumpulan keluarga disebut masyarakat,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumut selaku sekretaris Pembina TP PKK Provsu, melalui Plh Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Padangsidimpuan, Syafaruddin Harahap, di sela kunjungannya di Desa Baruas Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan, Kamis (20/12/2018).

Diungkapkannya, pemberdayaan masyarakat harus dimulai dari keluarga, dan apabila keluarga telah berdaya, maka berdayalah masyarakat.

“Masyarakat yang berdaya berarti masyarakat telah mampu mengatasi berbagai masalah yang dihadapinya, serta mampu memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya. Sehingga, terwujudlah kesejahteraan keluarga, atau masyarakat mandiri,” ungkapnya.

Lebih lanjut Syafaruddin menerangkan, tujuan pelaksanaan evaluasi pelaksana terbaik desa/kelurahan PT P2W-KSS adalah suatu cara koordinasi dan komunikasi antara Tim Penggerak PKK dan anggota PKK, untuk penyamaan persepsi tentang metode peningkatan keberdayaan dan kesejahteraan keluarga miskin, khususnya rawan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.

“Tim evaluasi yang turun pada hari ini adalah dalam rangka meninjau sejauh mana keberhasilan berbagai program pembangunan, yang dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten/kota, kecamatan , dan desa/kelurahan, serta TP PKK bersama masyarakat. Sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat perubahan di segala aspek kehidupannya,” terang Syafaruddin.

Sementara itu, Kepala Desa Baruas, Mukmin Harahap mengucapkan terima kasih kepada seluruh rombongan yang telah menjadikan daerahnya sebagai desa percontohan PT P2W-KSS Tahun 2018.

“Semoga dari hasil karya yang dilakukan bersama-sama, desa kami akan memperoleh prestasi dan pretise, dan dinikmati masyarakat secara adil dan merata,” ucapnya. (Awal HSB)

Print Friendly