Presiden Jokowi akan Buka MTQ ke-27 di Medan

Presiden buka MTQN di Medan 6 OktoberKANALMEDAN – Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka  Musabaqoh Tilawatil Quran Nasional atau MTQN ke XXVII di Kota Medan, Sumut 6 Oktober 2018.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin di Medan, Rabu, mengatakan, MTQN berlangsung 4 hingga 13 Oktober 2018.

“Pembukaan MTQN tanggal 6 Oktober di Medan akan dilakukan Presiden Joko Widodo dan penutupan tanggal 13 Oktober 2018 rencananya dilakukan Wapres Jusuf Kalla,”ujarnya  pada Seminar Informasi Aktual MTQN ke XXVII.

Amin menyebutkan, sejak pertama kali digelar di Makassar pada tahun 1968, Sumut  sudah dua kali menjadi pelaksana MTQN.

“Sebagai tuan rumah MTQN dipastikan Sumut akan mendapat keuntungan banyak,”katanya.

Mulai dari meningkatnya wisatawan karena yang akan hadir di MTQN itu sekitar 5.000 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.

“Hotel, restoran dan usaha kuliner, pengrajin suvenir pasti akan mendapat keuntungan dengan kedatangan peserta MTQN,”katanya.

Dia menegaskan, penyelenggaraan MTQN tahun ini sendiri lebih bergengsi dibandingkan tahun – tahun sebelumnya.

Selain menggunakan sistem  sensor sidik jari untuk absensi peserta lomba guna menghindari “joki”, panitia juga memberlakukan  seleksi untuk penetapan tujuh orang dewan hakim yang akan bertugas di MTQN.

Sebelumnya, kata dia, yang menetapkan dewan hakim menjadi kewenangan Dirjen Bimas Islam.

Sekda Provinsi Sumut, Hj R Sabrina menegaskan, perlu dukungan semua pihak untuk kesuksesan Sumut sebagai tuan rumah.penyelenggaraan MTQN.

“Baik buruknya pelaksanaan MTQN merupakan cerminan Sumut.Jadi Pemprov Sumut berharap semua mendukung penuh pelaksanaan MTQN di Sumut agar berjalan aman dan lancar,”katanya.

Acara MTQN juga menjadi salah satu promosi pariwisata dan investasi bagi  Sumut. (partono)

 

 

 

Print Friendly